7 Cara Membuat Sekat Ruangan dengan Triplek & Desainnya

Anda ingin memiliki ruangan multifungsi yang terlihat luas, namun tetap ingin mengutamakan privasi? Meletakkan partisi atau sekat ruangan adalah jawabannya. Sekat ruangan adalah pilihan yang paling pas untuk Anda yang ingin menyekat ruangan untuk privasi. Namun sesekali juga ingin membukanya untuk mendapatkan ruangan yang lebih luas. Maka sekat ini dapat sewaktu-waktu dibuka jika Anda membutuhkan ruangan, misalnya untuk acara keluarga.

Terkadang, seseorang seringkali salah memilih sekat sehingga justru membuat ruangan menjadi terkesan kaku atau bahkan mengganggu pandangan. Maka memilih sekat rumah bukanlah perkara yang mudah. Terlebih jika Anda memiliki rumah dengan ukuran yang tidak begitu besar. Membuat sekat sendiri dari merupakan kegiatan yang mengasikkan. Anda dapat mendesain sendiri sesuai kebutuhan dan selera. Selain itu, membuat sekat sendiri atau dalam bahasa kekinian DIY dapat menghemat pengeluaran keuangan. Bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Sekat Ruangan dengan Triplek

Berikut ini beberapa langkah untuk membuat pembatas ruangan menggunakan triplek dengan mudah:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Cara membuat sekat ruangan dengan triplek yang pertama yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam pekerjaan Anda nantinya.

Adapun alat dan bahan yang diperlukan:

  • Triplek
  • Kayu kaso
  • Paku 2 cm
  • Paku 7 cm
  • Gergaji
  • Palu
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Tang
  • Kape
  • Cat

Selain itu Anda juga perlu menyiapkan alat pelindung diri, seperti sarung tangan keselamatan agar dapat melindungi tangan Anda dari risiko yang mungkin terjadi seperti terjepit, tertindis, dan tertumbuk saat membuat penyekat ruangan.

Baca juga: Fungsi Sarung Tangan sebagai Alat Pelindung Diri

2. Lakukan Pengukuran

Langkah selanjutnya yaitu mengambil meteran yang telah Anda siapkan pada langkah sebelumnya. Buatlah desain dan ukur ruangan yang akan Anda sekat menggunakan dinding triplek.

Hal ini akan harus Anda lakukan karena dapat membantu untuk menentukan berapa banyak bahan dan biaya yang Anda perlukan nantinya. Buatlah gambaran yang detail agar mendapatkan hasil yang terbaik.


3. Membuat Rangka

Setelah melakukan pengukuran, sekarang Anda dapat membuat rangka partisi ruangan. Ambil kayu dan pasanglah secara vertikal dan horizontal sehingga terbentuk rangka yang kuat.

Untuk jaraknya sendiri bisa Anda sesuaikan dengan ukuran dari sekat nantinya. Gunakan paku untuk memastikan rangka-rangka kayu tersebut dapat melekat dengan baik. Pastikan Anda menggunakan kayu yang berkualitas agar rangka tidak mudah rusak dan bengkok.

4. Pasang Dinding

Rangka telah terpasang, selanjutnya Anda sudah bisa memasang dinding triplek. Anda dapat memasang dinding triplek dengan menggunakan paku. Agar terpasang dengan kokoh, jarak yang disarankan adalah 8 - 10 cm.

Selain itu, pasanglah triplek pada kondisi terik atau di siang hari. Hal ini bertujuan agar permukaan triplek tidak melengkung saat dipasang.

Pemasangan triplek di dua sisi (depan belakang) memang lebih baik, akan tetapi Anda dapat menghemat biaya dengan memasang dinding triplek di satu sisi saja (bagian depan). Sisi belakang yang terbuka dapat Anda manfaakan untuk membuat rak dinding. Menarik, bukan?

Baca juga: Bagaimana Cara Memasang Rak Dinding Tanpa Paku?

5. Dempul Bagian yang Tidak Rata

Apabila ada bagian dari rangka ataupun dinding triplek yang tidak rata, cobalah untuk mendempulnya. Agar lebih mudah, gunakan kape untuk mendempul permukaan kayu atau triplek tersebut.

6. Cat untuk Mempercantik

Cara membuat partisi ruangan dengan triplek yang satu ini adalah pilihan. Anda dapat mempercantik pembatas ruangan dengan mengecatnya jika memiliki budget lebih.

Untuk mendapatkan pola kayu yang cantik, gunakan cat kayu dengan tipis. Lapiskan cat yang telah dicampur dengan thinner. Tunggu hingga mengering dan ulangi setidaknya 2-3 kali agar hasilnya rapi.

Baca juga: 3 Merk Rekomendasi Cat Kayu Terbaik

7. Finishing

Langkah terakhir adalah membersihkan area kerja Anda. Simpan sisa cat yang telah digunakan di tempat yang Aman. Tutuplah dengan rapat agar tidak tertumpah saat ada yang menyenggol.

Perhatikan juga peralatan yang telah Anda gunakan seperti palu, meteran, dsb. Jangan sampai tercecer, karena akan merepotkan Anda saat harus menggunakannya kembali.

Baca juga: Daftar Ukuran Triplek 1 Lembar Untuk Panduan Anda

5 Desain Sekat Ruangan Kreatif yang Terbuat dari Triplek

Beriut ini beberapa desain sekat ruangan dari triplek yang kreatif dan dapat Anda coba:

1. Sekat Pembatas Ruangan Minimalis yang Dipadukan dengan Kayu

Membuat sekat pembatas ruangan dari triplek tidak melulu menjadi hal yang jelek atau norak. Ketika Anda bisa memadupadankan triplek dengan material lain seperti kayu misalnya, Anda akan mendapatkan sekat yang bagus dan multifungsi. Anda bisa membuat desainnya terlebih dahulu dengan menggambarnya. Kayu yang bagus untuk dipadukan dengan sekat triplek ini adalah kayu palet. Kayu palet memiliki karakteristik tersendiri yang akan membuat ruangan anda terkesan industrialis. Warnai triplek Anda dengan warna-warna yang netral untuk menghindari kesan menyekat ruangan itu sendiri.

2. Menempelkan Memori pada Sekat Triplek

Selain mengombinasikan sekat pembatas ruangan dari triplek dengan kayu, Anda juga bisa menempelkan serangkaian memori keluarga kecil Anda pada sekat ruang tamu dan ruang keluarga. Tempelkan foto momen-momen bahagia bersama keluarga. Ini akan menjadi desain sekat ruangan yang cantik untuk hunian Anda.

Jika foto-foto tersebut dibingkai dengan kayu kemudian dicat dengan warna-warna yang eye catching tentu akan membuat sekat ruangan minimalis dari triplek Anda menjadi sangat menarik. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Lemari Pakaian dari Triplek Yang Awet

3. Menggantung Kreasi Bunga pada Partisi Ruangan

Bayangkan bila di seluruh rumah Anda semerbak bau bunga, indah sekali bukan? Hal ini bisa anda lakukan dengan membuat kreasi rangkaian bunga yang kemudian dapat Anda gantung pada sekat pembatas ruangan dari triplek yang Anda buat sendiri.

Banyak sekali ide kreasi bunga dan tanaman yang bisa Anda lihat melalui internet atau sosial media. Lakukan kegiatan mengkreasi bunga ini bersama anggota keluarga, tentunya akan menjadi kegiatan yang mengasyikkan.


4. Sekat Triplek dan Cermin

Sekat triplek dan cermin ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hunian dengan luas yang tidak terlalu besar. Sekat ruangan dari triplek yang dipadukan dengan cermin akan membuat ruangan rumah Anda terasa lebih luas. Apalagi jika sekat triplek ini dicat dengan warna putih.

Baca juga: 6 Jenis Triplek untuk Konstruksi Bangunan

5. Sekat Triplek yang Berfungsi Sebagai Rak

Sekat triplek tidak hanya berfungsi sebagai pemisah ruangan. Jika Anda cerdas memaksimalkan setiap sisinya, maka sekat triplek juga bisa berfungsi sebagai rak buku. Ini akan menjadi sangat menyenangkan bagi anak-anak bila Anda dapat menyulap sekat ruangan menjadi perpustakaan mini.

Membuat sekat ruangan dari triplek adalah solusi yang tepat untuk menciptakan ruangan multifungsi dengan tetap mempertahankan privasi. Dalam proses pembuatan sekat ruangan ini, persiapan alat dan bahan serta pengukuran yang teliti sangatlah penting untuk memastikan hasil akhir yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Langkah-langkahnya meliputi pembuatan rangka, pemasangan dinding triplek, pemilihan cat untuk mempercantik, hingga finishing untuk memberikan sentuhan akhir yang rapi dan menarik.

Selain itu, desain-desain kreatif seperti memadukan triplek dengan kayu, menempelkan foto keluarga, menggantung rangkaian bunga, atau membuat sekat yang berfungsi juga sebagai rak, dapat menambah nilai estetika dan fungsionalitas pada ruangan Anda. Dengan kreativitas yang tinggi sekat ruangan justru bisa mempercantik rumah Anda. Cek harga Triplek Teakwood di Klopmart yang bisa Anda gunakan sebagai bahan dasar sekat pembatas ruangan. Jadi desain sekat mana yang akan Anda terapkan di rumah?

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya