5 Cara Merawat Pagar Stainless Steel

Bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan, memiliki pagar adalah hal krusial untuk menjaga keamanan rumah. Sebagai pelindung utama rumah, pagar harus senantiasa dirawat. Tidak hanya dari segi fungsi namun juga estetikanya.

Saat ini semakin banyak opsi material pembuat pagar yang tersedia di pasaran. Jika Anda menginginkan pagar logam, stainless steel merupakan bahan terbaik. Material satu ini sangat kuat dan anti karat. Lantas, bagaimana cara merawat pagar stainless steel agar tahan lama dan terlihat selalu mengkilap? Simak tipsnya berikut ini!

1.Sering Dibersihkan

Cara merawat pagar yang pertama adalah dengan rajin membersihkannya setidaknya 2 minggu sekali. Karena pagar stainless akan kehilangan kilaunya seiring waktu, Anda dapat mengantisipasinya dengan membersihkan pagar menggunakan air asam. Hindari menggunakan sabun saat mencuci pagar tapi manfaatkan air cuka, lemon, jeruk nipis dan lain sebagainya.

2.Bilas Pagar Setelah Hujan

Karena permukaannya yang mengkilap, percikan air saja bisa meninggalkan jejak di pagar stainless Anda. Selain mengganggu tampilannya, jika percikan berasal dari air hujan, efeknya bisa lebih berbahaya. Bekasnya bisa meninggalkan jejak permanen jika tidak segera dibersihkan. Usahakan untuk selalu membilas permukaan pagar dengan air bersih setelah turun hujan.

3.Lawan Karat dengan Bubuk Pumice

Meskipun dikenal sebagai baja tahan karat, namun seiring pemakaian, permukaan stainless steel bisa mengalami oksidasi dan pada akhirnya membentuk karat. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat memanfaatkan bubuk pumice. Campurkan bubuk pumice dengan air hingga membentuk pasta dan oleskan pada permukaan pagar yang tampak mulai berubah warna lalu bilas dengan air hangat. Setelahnya, Anda bisa melihat jejak-jejak hitam bekas air akan hilang dan pagar akan kembali mengkilap. Bubuk pumice ini bisa Anda temukan di toko material bangunan baik online maupun offline.

4.Usahakan Tanaman Tidak Berada Dekat dengan Pagar

Untuk mendapatkan suasana asri, banyak orang yang menanam aneka tanaman hias di depan rumah mereka. Jika Anda termasuk salah satunya, usahakan untuk tidak membiarkan tanaman ini bersentuhan langsung dengan pagar. Kontak dengan cabang apalagi jika tanaman berbentuk sulur merambat ke pagar stainless steel Anda, akan menimbulkan noda kecokelatan yang sulit dihilangkan.

5.Lakukan Pemolesan Secara Berkala

Seperti halnya material lain, stainless steel yang kelihatan mengkilap dan mewah pun bisa kehilangan pesonanya seiring waktu. Karena itu, usahakan untuk melakukan pemolesan secara berkala. Ini merupakan cara merawat yang benar agar permukaannya tetap tampak cantik.

Bahan poles stainless steel ini bentuknya beragam. Ada yang cair, krim dan ada juga yang berbentuk seperti lembaran kain. Oleskan secara perlahan ke permukaan pagar stainless steel Anda untuk mengembalikan tampilan terbaiknya.

Cara mengatasi lainnya adalah dengan melakukan pengecatan. Selain untuk membuat pagar semakin indah dipandang, cat ini juga akan menjaga permukaan stainless steel agar tetap tahan lama. Agar hasilnya maksimal, gunakan cat khusus logam. Cat jenis ini bisa Anda temukan di Klopmart.

Tidak hanya cat, Anda juga dapat menemukan beragam bahan konstruksi mulai dari bahan atap, dinding hingga lantai. Pipa dan perlengkapan listrik untuk rumah juga tersedia dengan harga bersaing di Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya