5 Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air dengan Mudah

Masing-masing cara mencampur cat tembok dengan air harus Anda ikuti dengan saksama agar tidak ada kesalahan yang dilakukan. Jika ada salah sedikit, maka hasil pencampuran cat tembok dengan air tidak akan terlihat maksimal. Oleh karena itu, simak rangkuman penjelasannya di bawah ini bersama Klopmart.

 

Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air

Pencampuran cat tembok dengan air bukanlah hal aneh di dalam proses pelapisan tembok. Dalam proses pencampuran ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan, yakni:

Wadah khusus untuk menampung cat
Cat tembok pilihan Anda
Besi atau kayu untuk mengaduk cat dengan air
Air bersih

Jika seluruh alat dan bahan yang diberitahukan di atas telah tersedia, ikuti setiap caranya sekarang.
 

1. Pilih Cat Berkualitas

Siapa yang ingin mendapatkan hasil pengecatan yang bersih, rapi, dan memiliki daya tahan lama? Pasti semuanya ingin tembok yang telah dicat tetap memiliki tampilan baik. Untuk itulah Anda harus memilih cat berkualitas yang memang memiliki daya tahan lama. Salah satu merek cat tembok yang bisa Anda pilih adalah Vinilex. Untuk infromasi lebih lengkap tentang cat yang berkualitas, sebaiknya anda juga mengetahui Rekomendasi Cat Tembok Anti Air yang Bebas Jamur dan Tahan Lama.
 

2. Pilih Warna Cat Sesuai Keinginan

Kemudian sekarang Anda bisa memilih warna cat yang diinginkan. Sebaiknya perhatikan bagaimana suasana yang ingin Anda dapatkan dengan warna cat itu. Kemudian apakah warna cat tersebut sudah cocok dengan warna tembok bagian rumah Anda yang lainnya atau tidak. Jangan sampai salah pilih karena nanti bisa menyesal setelah proses pengecatan.
 

3. Siapkan Wadah

Sekarang Anda bisa mulai proses pencampuran dengan menyiapkan wadah khusus untuk menampung cat. Mengapa harus wadah khusus? Padahal bisa saja menggunakan kaleng cat sebagai wadah tanpa perlu dipindahkan? Hal ini perlu Anda lakukan agar proses pencampuran berjalan lebih mudah dan cepat. Apalagi cat yang masih ada di dalam kaleng sudah cukup penuh. Jika nanti ditambah air lagi, malah terlalu penuh sehingga bisa tumpah. Jadi, sebaiknya gunakan wadah saja.

Baca juga: 11 Langkah Mudah Mengecat Tembok yang Benar
 

4. Tuangkan Cat ke Dalam Wadah

Inilah waktunya untuk menuangkan cat ke dalam wadah. Dalam proses penuangan, Anda harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak tumpah. Itulah mengapa wadah khusus yang digunakan harus memiliki ukuran cukup besar. Jika memang Anda tidak ingin semua cat dimasukkan ke dalam wadah, juga tidak apa-apa. Tuangkan cat sesuai dengan kemauan Anda agar tidak mubazir karena bisa dipakai pada kemudian hari.
‚Äč

5. Tambahkan Air

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan air. Proses penambahan air juga jangan langsung terlalu banyak. Jika terlalu banyak, cat sudah pasti terlalu encer dan sangat sulit untuk menempel di tembok. 

Jadi untuk menghindari masalah cat yang terlalu encer, tuangkan air dengan sedikit demi sedikit saja. Kemudian gunakan besi atau kayu yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk melakukan pengadukan. Mudah, bukan?

Itulah cara mencampur cat tembok dengan air yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Seperti yang telah diberitahukan di atas, pemilihan cat tembok tidak boleh sembarangan. Anda harus menggunakan cat tembok kualitas terbaik dengan beragam pilihan warna. Solusi cat tembok terbaik pada saat ini adalah Vinilex.

Tidak perlu bingung untuk mencari pilihan warna cat Vinilex karena semuanya telah tersedia di Klopmart. Anda dapat langsung memesannya melalui Klopmart dan tinggal menunggu hingga pesanan sampai di rumah. Dengan informasi cara mencampur cat tembok, cek harga cat Vinilex sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Mar 2021

Related Article