Saniter

10 Cara Membasmi Kutu Kucing yang Mudah Dilakukan

Media
17 Mar 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sebagai pemilik kucing, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah hadirnya kutu kucing pada hewan peliharaan kesayangan Anda. Selain mengganggu kesehatan dan kenyamanan kucing, kutu juga dapat menyebar ke seluruh rumah, menyebabkan ketidaknyamanan bagi pemiliknya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membasmi kutu kucing secara tepat agar kucing kesayangan Anda tetap sehat. Penasaran seperti apa langkah-langkahnya? Simak ulasan berikut ini hingga tuntas!

promosi klopmart

Bagaimana Cara Membasmi Kutu Kucing dengan Cepat?

Untuk menghilangkan kutu kucing tersebut, Anda tak perlu khawatir. Berikut beberapa cara efektif mengatasi kutu pada kucing dengan menggunakan bahan alami dan mudah dilakukan di rumah. 

1. Mandikan dengan Shampo Khusus Kucing

Ketika memandikan kucing kesayangan Anda, gunakanlah shampo khusus kucing. Shampo anti-kutu untuk kucing mengandung insektisida atau bahan alami seperti neem oil yang memiliki sifat pengusir serangga.

Saat mandi, shampo ini membantu menghilangkan kutu yang menempel pada bulu kucing serta mencegah infestasi kutu baru. Namun, perlu diingat bahwa efektivitas shampo ini tergantung pada tingkat keparahan infestasi dan kepatuhan dalam penggunaannya.

Oleh karena itu. konsultasikan dengan dokter hewan untuk memilih produk yang tepat dan cara penggunaan yang aman bagi kucing Anda

Baca juga: Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi dengan Efektif

2. Sisir Bulu Kucing Secara Teratur

Selanjutnya, setelah memandikan kucing hal rutin yang harus dilakukan agar terhindar dari kutu adalah dengan menyisir bulunya secara teratur menggunakan sisir kutu.

Khususnya bila kucing peliharaan di rumah Anda memiliki bulu yang lebat. Anda pun bisa melakukannya sesaat setelah memandikan kucing dan mengenakan handuk untuk proses mengeringkan bulunya. Dengan cara ini, bulu kucing akan lebih terhindar dari kutu dan penyakit yang diakibatkan oleh kutu tersebut.

Sebaiknya, pada saat menyisir pastikan tangan Anda telah bersih dan menggunakan sisir yang steril dan bersih. Ini penting agar kucing terhindar dari bakteri yang bisa memicu munculnya kutu tersebut.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya baik bagi rambut manusia saja, tetapi juga bisa diaplikasikan ke hewan peliharaan untuk menjaga kesehatan rambut dan bulunya.

Anda bisa mengambil daging atau gel dari lidah buaya secukupnya untuk membasmi kutu kucing kesayangan di rumah. Kemudian, gel tersebut dihaluskan menggunakan air secukupnya.

Tambahkan pula cabai rawit pada gel dan air dalam botol semprot. Namun, perlu diingat cabai rawit di sini jangalah terlalu banyak agar tidak membuat kulit kucing merasa panas. Setelah tercampur dalam botol semprot, maka Anda dapat menyemprotkannya kepada kucing secara teratur setiap harinya.

4. Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menghilangkan kutu pada kucing karena kandungannya yang memiliki sifat dapat membunuh kutu.

Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang dapat menembus bulu dan kulit kucing, sehingga kutu akan pergi dengan sendirinya setelah penerapan minyak zaitun pada bulu kucing. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi peradangan atau luka akibat gigitan kutu kucing.

5. Air Lemon Pun Terbukti Ampuh

Bila tidak ada lidah buaya, cara membasmi kutu kucing di rumah dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan air lemon. Lemon dikenal karena kandungan asam nitratnya yang dapat membasmi kutu dengan efektif. 

Pengaplikasian lemon di sini bukan berarti mengoleskan lemon langsung ke atas bulu kucing. Namun, lemon yang ada terlebih dahulu dipotong menjadi beberpa bagian.

Setelah dipotong letakkanlah di air mendidih dan rendam selama beberapa saat. Setelah didinginkan, diamkanlah selama semalam. Lalu, saringlah ekstrak lemon dan masukkan ke dalam botol semprot. Anda dapat menyemprotkan air dari ekstrak lemon tadi ke bulu kucing dan sisir secara perlahan.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Busuk dengan Garam

6. Memberikan Obat Kutu Kucing

Menangani kutu pada kucing dapat dilakukan dengan efektif melalui pemberian obat khusus. Umumnya obat kutu kucing berbentuk bedak tabur, obat tetes, atau semprotan.

Keamanan obat sangat penting karena kucing memiliki kecenderungan menjilat dan menggigit diri mereka sendiri ketika terkena kutu. Pastikan untuk memahami dengan baik petunjuk penggunaan obat tersebut.

7. Menggunakan Vaksin Ivermectin

Selain dengan cara alami di atas, cara membasmi kutu kucing juga bisa Anda lakukan dengan memberikan vaksin. Pemberian vaksin pada kucing memang harus dilakukan secara teratur.

Tujuannya, agar kucing memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan terhindar dari penyakit tertentu. Terlebih lagi pada saat musim hujan di mana bakteri dan jamur dapat tumbuh cepat.

Untuk membasmi kutu pada kucing, biasanya menggunakan vaksin khusus. Salah satu vaksin tersebut adalah vaksin ivermectin. Sebagian orang kerap mengira jika pemberian vaksin ini bertujuan untuk membasmi jamur, namun sebenarnya vaksin digunakan untuk membasmi kutu kucing seperti ektoparasit.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang Tidak Ribet dan Efektif

8. Mengolesi Minyak Telon

Salah satu cara menghilangkan kutu pada kucing adalah dengan mengoleskan minyak telon pada bagian tubuh kucing yang sering dihinggapi kutu.

Hal ini karena minyak telon mengandung minyak atsiri yang dapat membunuh kutu dan telurnya.

9. Menjaga Kebersihan Kandang Kucing

Menjaga kebersihan kandang dan memastikan adanya paparan sinar matahari yang memadai adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan aktivitas kucing.

Jadi, pastikan kandang kucing Anda selalu bersih dan teratur, serta dapat memperoleh sinar matahari yang cukup.

10. Konsultasi ke Dokter Hewan

Langkah terakhir jika kutu pada kucing kesayangan Anda tetap parah atau tidak dapat dikelola dengan cara-cara di atas, segera konsultasi dengan dokter hewan.

Mencari saran dari dokter hewan adalah langkah yang bijaksana untuk memastikan kesehatan optimal kucing Anda.

Jadi, konsultasi ke dokter hewan dapat memberikan informasi yang tepat mengenai cara merawat dan mengatasi kutu yang menyerang kucing kesayangan Anda.

Baca juga: 8 Peralatan Kebersihan Yang Wajib Anda Miliki

Beberapa Tanda Kucing Anda Memiliki Kutu

Beberapa ciri-ciri yang dapat membantu Anda mengidentifikasi adanya kutu pada kucing adalah sebagai berikut:

1. Garis-garis kecil yang bergerak di antara bulu

Kutu dewasa adalah serangga kecil yang biasanya berwarna coklat atau hitam. Mereka dapat terlihat sebagai titik-titik bergerak di antara bulu kucing, terutama di daerah yang dekat dengan kulit seperti leher, belakang telinga, dan pangkal ekor.

2. Gatal-gatal dan perilaku menggaruk berlebihan

Kucing yang terinfeksi kutu biasanya akan mengalami gatal-gatal pada kulitnya akibat gigitan kutu. Mereka mungkin sering menggaruk atau menjilat dirinya secara berlebihan, terutama di area yang terinfestasi.

3. Bibir merah dan bengkak

Kucing yang terinfeksi kutu bisa mengalami pembengkakan dan peradangan pada area gigitan kutu, terutama di sekitar leher dan pangkal ekor. Hal ini dapat terlihat sebagai bibir merah, bengkak, atau bahkan luka kulit.

4. Kerontokan bulu dan kulit yang iritasi

Infestasi kutu yang parah bisa menyebabkan kerontokan bulu pada kucing, terutama di area yang terinfestasi. Kulit kucing juga mungkin terlihat merah, iritasi, atau terdapat luka akibat gigitan dan garukan.

Baca juga: Cara Mengusir Cicak dengan Bahan Alami

Kesimpulan

Jangan biarkan kucing kesayangan Anda terkena kutu yang dapat menimbulkan penyakit. Setidaknya cara menghilangkan kutu kucing tersebut dapat Anda terapkan mulai saat ini juga.

Namun, membasmi kutu pada kucing kesayangan Anda saja tidak cukup untuk memastikan kebersihan rumah. Anda harus memastikan kalau rumah Anda memiliki alat sanitasi yang terbaik. Klopmart menyediakan alat sanitasi terbaik yang dapat Anda miliki, mulai dari kloset hingga wastafel.

Perlengkapan Sanitary ware

Selain itu, sebagai Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, menyediakan berbagai bahan bangunan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam membangun rumah idaman. Kunjungi Klopmart sekarang juga!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya