5 Cara Cat Galvanis Pagar Rumah

Membuat pagar rumah menjadi lebih bagus bisa dengan mengikuti cara cat galvanis. Tips yang diberikan ini bisa membuat pagar rumah Anda menjadi lebih bagus, tampak menarik, dan sudah pasti membuat tampilan keseluruhan rumah lebih menawan. 

Ya, dalam melakukan mengecat pagar rumah dari bahan material galvanis, Anda bisa melakukannya sendirian. Tentunya dengan mengikuti setiap cara di bawah ini.

Mencuci Pagar Galvanis

Sebelum Anda mulai melakukan proses pengecatan, ada beberapa tahap yang wajib dilakukan. Pertama adalah mencuci pagar berbagai ukuran besi hollow galvanis. Anda bisa mencucinya dengan sabun deterjen hingga bersih. Cuci keseluruhan bagian pagar yang ingin dicat.

Anda harus memastikan bahwa semua sisa sabun deterjen telah terangkat semua. Langkah ini sangat penting karena ketika pagar galvanis masih kotor, proses pengecatan tidak maksimal. 

Disiram Dengan Campuran Ammonia

Selanjutnya Anda bisa menyiram pagar galvanis dengan campuran ammonia. Namun karena campuran tersebut bisa berbahaya untuk kulit tangan, Anda harus memakai beberapa perlindungan. Dimulai dari sarung tangan dan juga masker. Tentunya untuk menghindari penciuman dari aroma bahan kimia tersebut.

Sekarang Anda bisa mulai melarutkan campuran amonia dengan air lalu siram ke seluruh pagar galvanis secara menyeluruh. Kemudian diamkan pagar hingga mengering secara sempurna. Setelah itu baru pindah ke langkah selanjutnya.

Amplas Permukaan Pagar Galvanis

Langkah selanjutnya adalah amplas permukaan pagar galvanis. Cara ini termasuk yang paling lama dari sisi waktu pengerjaan. Apalagi jika pagar milik Anda berukuran cukup besar. Namun melalui proses pengamplasan, maka pagar galvanis bisa mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal. Kemudian bersihkan seluruh pagar dari sisi amplas.

Aplikasikan Primer

Anda sudah semakin mendekati tahap cara cat galvanis pagar rumah. Namun sebelum itu, Anda bisa menggunakan primer yang berkualitas untuk diaplikasikan ke pagar. Fungsi primer paling utama adalah membuat besi menjadi tahan karat. 

Ada dua jenis primer yang bisa digunakan. Ada primer dengan warna putih dan gelap. Anda bisa menggunakan primer putih jika ingin mengecat pagar dengan warna terang. Sebaliknya, gunakan primer gelap kalau ingin mengecat pagar dengan warna hitam atau gelap lainnya. 

Dibandingkan pengamplasan, proses penggunaan primer jauh lebih cepat karena Anda bisa menggunakan alat semprot. Bagaimana jika tidak ada alat semprot? Anda tidak khawatir. Jika memiliki kuas, gunakan saja alat itu. Walaupun ada kekurangan tersendiri ketika menggunakan kuas, yaitu bisa meninggalkan bekas garis guratan kuas. Kalau Anda sudah yakin seluruh permukaan pagar galvanis sudah tertutup primer, diamkan beberapa waktu hingga mengering dengan sempurna.

Mulai Pengecatan Pagar Galvanis

Sekarang saatnya masuk ke tahap pengecatan pagar galvanis. Namun sebelum memulainya, cek terlebih dahulu apakah seluruh lapisan primer sudah kering atau belum. Jika sudah kering, maka jangan ragu untuk memulainya.

Ada berbagai macam warna cat yang bisa Anda gunakan untuk diaplikasikan ke pagar. Mau warna coklat, hitam, abu-abu, atau yang lainnya, ada satu poin penting yang harus Anda pikirkan sebelum memilih cat. Pilihan cat harus yang sesuai dengan kombinasi warna yang ada di rumah Anda. Jangan sampai bertabrakan karena akan terlihat buruk. 

Proses pengecatan bisa diulang sebanyak dua kali agar terdapat lapisan tebal dan warna yang semakin kuat. 

Jadi itulah bagaimana barisan cara melakukan pengecatan pagar rumah galvanis dari Klopmart. Dengan informasi cara cat galvanis yang telah diberikan, Anda bisa mendapatkan produk jual besi galvanis terbaik bersama Klopmart.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Jan 2021

Related Article