Cat dan Kimia

9 Cara Cat Galvanis Pagar Besi Rumah, Anti Karat!

Media
24 Apr 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Anda dapat membuat pagar rumah menjadi lebih bagus dengan mengikuti cara cat galvanis. Tips yang diberikan ini bisa membuat pagar rumah Anda menjadi tampak menarik, lebih bagus dan sudah pasti membuat tampilan keseluruhan rumah lebih menawan. 

Ya, dalam mengecat pagar rumah dari bahan material galvanis, Anda bisa melakukannya sendirian. Tentunya dengan mengikuti setiap cara di bawah ini.


Bagaiamana Cara Mengecat Pagar Besi Galvanis?

Berikut ini panduan mengecat besi galvanis yang baik dan benar untuk Anda terapkan agar cat tidak cepat mengelupas:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum melakukan pengecatan, Anda perlu mempersiapkan alat dan bahan di bawah ini supaya proses pengecatan yang Anda lakukan nantinya dapat berjalan lancar.

Alat

  • Kuas
  • Alat semprot cat

Bahan

  • Amplas atau sikat kawat
  • Sabun deterjen
  • Pagar besi galvanis
  • Cat besi anti karat (Primer)
  • Campuran ammonia
  • Thinner

Alat Pelindung Diri

2. Mencuci Pagar Galvanis

Sebelum Anda mulai melakukan proses pengecatan, ada beberapa tahap yang wajib dilakukan. Pertama adalah mencuci pagar dengan sabun deterjen hingga bersih. Cuci keseluruhan bagian pagar yang ingin dicat.

Anda harus memastikan bahwa semua sisa sabun deterjen telah terangkat. Langkah ini sangat penting karena ketika pagar galvanis masih kotor, proses pengecatan tidak maksimal. 

Baca juga: Ukuran Besi Hollow Galvanis

3. Disiram dengan Campuran Ammonia

Selanjutnya Anda bisa menyiram pagar galvanis dengan campuran ammonia. Akan tetapi, campuran tersebut bisa berbahaya untuk tubuh Anda, sehingga Anda harus memakai beberapa perlindungan yang telah Anda siapkan di langkah pertama.

Dimulai dari sarung tangan kerja dan juga masker. Tentunya untuk menghindari penciuman dari aroma bahan kimia tersebut.

Sekarang Anda bisa mulai melarutkan campuran amonia dengan air lalu siram ke seluruh pagar galvanis secara menyeluruh. Kemudian diamkan pagar hingga mengering secara sempurna. Setelah itu baru pindah ke langkah selanjutnya.

4. Amplas Permukaan Pagar Galvanis

Langkah selanjutnya adalah amplas permukaan pagar galvanis. Cara ini termasuk yang paling lama dari sisi waktu pengerjaan. Apalagi jika pagar milik Anda berukuran cukup besar.

Namun melalui proses pengamplasan, maka pagar galvanis bisa mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal. Kemudian bersihkan seluruh pagar dari sisi amplas.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Cat pada Besi yang Membandel

5. Aplikasikan Primer

Anda sudah semakin mendekati tahap cara cat galvanis pagar rumah. Namun sebelum itu, Anda bisa menggunakan primer yang berkualitas untuk diaplikasikan ke pagar. Fungsi primer paling utama adalah membuat besi menjadi tahan karat. 

Ada dua jenis primer yang bisa digunakan. Ada primer dengan warna putih dan gelap. Anda bisa menggunakan primer putih jika ingin mengecat pagar dengan warna terang. Sebaliknya, gunakan primer gelap kalau ingin mengecat pagar dengan warna hitam atau gelap lainnya. 

Dibandingkan pengamplasan, proses penggunaan primer jauh lebih mudah dan cepat karena Anda bisa menggunakan alat semprot.

Bagaimana jika tidak ada alat semprot? Anda tidak khawatir. Jika memiliki kuas, gunakan saja alat itu. Walaupun ada kekurangan tersendiri ketika menggunakan kuas, yaitu bisa meninggalkan bekas garis guratan kuas. Kalau Anda sudah yakin seluruh permukaan pagar galvanis sudah tertutup primer, diamkan beberapa waktu hingga mengering dengan sempurna.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Kebutuhan Cat Besi

6. Mulai Pengecatan Pagar Galvanis

Sekarang saatnya masuk ke tahap pengecatan pagar galvanis. Namun sebelum memulainya, cek terlebih dahulu apakah seluruh lapisan primer sudah kering atau belum. Jika sudah kering, maka jangan ragu untuk memulainya.

Ada berbagai macam warna cat yang bisa Anda gunakan untuk diaplikasikan ke pagar. Mau warna coklat, hitam, abu-abu, atau yang lainnya, ada satu poin penting yang harus Anda pikirkan sebelum memilih cat. Pilihan cat harus yang sesuai dengan kombinasi warna yang ada di rumah Anda. Jangan sampai bertabrakan karena akan terlihat buruk. 

7. Finishing

Di tahap ini, tunggulah cat sampai kering sempurna, apabila masih terlihat bagian pagar besi galvanis Anda yang masih belum terlapisi cat, Anda bisa mengulangi proses sebelumnya.

Proses pengecatan bisa diulang sebanyak dua kali agar terdapat lapisan tebal dan warna yang semakin kuat. 

8. Membersihkan Peralatan

Tahap selanjutnya adalah membersihkan peralatan yang telah Anda pakai, terutama kuas atau sprayer dan cat itu sendiri.

Segera cuci alat-alat tersebut dengan air bersih sebelum ia mengering dan mengeras. Membersihkan peralatan pengecatan ini menjadi penting untuk menjaganya tetap awet dan agar bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya, mengecat furniture yang Anda miliki.

Baca juga: Cara Membersihkan Kuas Cat Dengan Berbagai Bahan

9. Menyimpan Cat

Setelah semuanya telah Anda bersihkan, selanjutnya simpanlah sisa cat yang telah Anda gunakan di tempat yang tepat. Perlu diperhatikan bahwa kemasan cat harus tertutup rapat dan disimpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

Bila cat tidak sengaja tumpah, Anda bisa menaburkan daerah yang tumpah tersebut dengan pasir atau tanah agar menyerap cat tersebut dan tidak lebar.

Jika Anda ingin membuang sisa cat, jangan membuangnya di selokan atau sungai. Buanglah ke tempat-tempat yang diizinkan menurut peraturan yang berlaku.

Jadi seperti itulah cara melakukan pengecatan pagar rumah galvanis dari Klopmart yang dapat Anda terapkan. Jika masih bingung dan sedang mencari besi galvanis untuk keperluan pagar rumah, tenang! karena Klopmart menyediakan produk besi galvanis terbaik untuk Anda, langsung saja kunjungi Klopmart.


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya