5 Akibat Kekurangan Air Bersih yang Dapat Dirasakan

Apa yang akan terjadi dalam kehidupan manusia akibat kekurangan air bersih? Ternyata banyak sekali yang bisa dirasakan, khususnya dari memperburuknya sisi kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya yang kekurangan air bersih. Tentu saja kebutuhan air bersih harus mampu dipenuhi setiap harinya. Namun tidak dapat dimungkiri bahwa tidak semua pihak bisa mendapatkan air bersih yang layak. Simak rangkuman selengkapnya bersama Klopmart di bawah ini.
 

Akibat Kekurangan Air Bersih Dalam Kehidupan

Ada lima akibat kekurangan air bersih yang mampu mengancam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di muka bumi ini. Bahkan bisa sampai mengancam jiwa juga sekaligus merusak ekosistem secara keseluruhan. Jadi, apa akibatnya ketika kekurangan air bersih?

1. Tingginya Penyebaran Penyakit

Ketika air bersih yang seharusnya wajib dipenuhi dalam kehidupan di bumi ini malah kurang, maka risiko pertama adalah tingginya penyebaran penyakit. Penyakit-penyakit tersebut mencakup diare, kolera, disentri, typhus, polio, hingga hepatitis A. Tentunya semua berhubungan dengan masalah kebersihan yang tidak bisa dipenuhi di tengah-tengah masyarakat. Itulah mengapa air bersih sangat diperlukan. Jika tidak, tinggal menunggu waktu saja hingga barisan penyakit tersebut muncul dan menyerang tubuh manusia. 

Baca juga: ciri ciri air kotor
 

2. Kekurangan Nutrisi

Tubuh manusia memerlukan asupan air yang cukup. Termasuk air bersih dalam bentuk minuman. Ketika kekurangan air bersih, maka nutrisi dalam tubuh sudah pasti tidak mampu terpenuhi dengan baik. Bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas sekaligus kesehatan masyarakat yang tidak mampu mendapatkan asupan air bersih yang sesuai.
 

3. Kontaminasi Berbahaya 

Air bersih tidak hanya memberikan dampak positif untuk manusia saja, tetapi juga bagi hewan dan tumbuhan. Kedua makhluk hidup itu membutuhkan asupan air bersih juga untuk bisa bertumbuh. Namun bagaimana jika tidak terpenuhi dengan baik? Maka kontaminasi berbahaya menjadi akibatnya. Malah dampak buruknya juga bisa berefek pada manusia juga.
 

4. Pencemaran Lingkungan

Lingkungan sangat membutuhkan air bersih. Ketika yang tersedia hanya ada air yang kotor atau malah sudah terkontaminasi kandungan berbahaya, akibatnya adalah pencemaran lingkungan. Pencemaran ini akan menimpa tanah dan udara. Akhirnya apa yang terjadi? Kehidupan manusia pun juga mendapatkan imbasnya. Berbagai macam kerugian dapat muncul secara alami. Termasuk penyakit menular berbahaya yang telah disebutkan di atas.

Baca juga: mengapa kita harus menghemat air bersih
 

5. Rendahnya Kualitas Hidup

Mengambil kesimpulan dari empat akibat yang telah diberikan di atas, hasil akhir dari kekurangan air bersih membuat kualitas hidup menjadi rendah. Angka kematian pasti meninggi dengan pencemaran lingkungan, nutrisi yang berkurang, kontaminasi berbahaya di sekitar ekosistem makhluk hidup, dan penyakit menular berbahaya. 

Kondisi seperti ini memang cukup mengerikan jika dibayangkan. Oleh karena itu, Anda jangan sampai tidak mampu mendapatkan asupan air bersih yang cukup sehari-hari. Setidaknya, Anda beserta keluarga dan lingkungan sekitar bisa mendapatkan air bersih untuk aktivitas sehari-hari.

Beruntung, sekarang telah tersedia tangki air dengan bahan stainless steel yang mampu digunakan untuk menampung air bersih. Keberadaan tangki air di rumah sangat berguna untuk menjaga cadangan air bersih agar bisa tetap terpenuhi sepanjang waktu. 

Saat ini telah tersedia cukup banyak produk tangki air. Namun Anda jangan sampai salah pilih. Klopmart memberikan rekomendasi tangki air stainless steel profil (kaki) dengan pilihan berbagai ukuran. Tertarik untuk mengetahui dan membeli produk ini? Dengan informasi akibat kekurangan air bersih yang telah diberikan, cek harga tangki air stainless steel profil (kaki) di Klopmart sekarang juga. 

Baca juga: harga tangki air penguin 5000 liter


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
08 Apr 2021

Related Article