Cat dan Kimia

6 Cara Menempel Poster Tanpa Merusak Dinding dengan Efektif

Media
17 Sep 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Informasi cara menempel poster tanpa merusak dinding sangat penting untuk Anda. Khususnya bagi yang ingin menempel poster musisi idola di dinding kamar tidur. Pemasangan poster juga bisa membawa suasana berbeda untuk kamar tidur Anda.

Tidak dapat dimungkiri bahwa aktivitas ini sudah sering dilakukan, tapi dengan cara yang tidak tepat. Akhirnya apa yang terjadi? Dinding kamar menjadi rusak, meninggalkan bekas yang cukup terlihat, hingga bahkan sampai membuat cat sampai terkelupas. Beruntung, sudah banyak cara menempel poster tanpa merusak dinding. Bagaimana saja caranya? Simak rangkumannya di bawahnya.

 

Cara Menempel Poster Tanpa Merusak Dinding

Ada beberapa cara menempel poster yang benar sehingga dinding kamar tetap bersih dan tidak rusak. Cara-cara ini memang memerlukan beberapa alat bantuan. Berikut cara-caranya.


 

1. Pita Perekat Dua Sisi

Cara pertama menempel poster tanpa merusak dinding dengan menggunakan pita perekat dua sisi. Memiliki bentuk yang sama seperti selotip, pita ini memiliki daya rekat pada kedua sisinya. Kemudian medium kertas yang digunakan untuk menempelkan pita ke poster dan dinding bisa dilepaskan juga. Jadi secara penampilan, pita perekat dua sisi tidak akan meninggalkan visual mengganggu saat poster berhasil dijadikan hiasan dinding di kamar.

Perlu digarisbawahi bahwa pita perekat dua sisi tidak layak untuk menggantung poster dengan ukuran dan berat yang cukup besar. Dalam proses pemasangan pun, Anda harus menghilangkan noda di tembok agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

 

2. Poster Tack

Jika Anda merasa tidak yakin dengan kekuatan pita perekat dua sisi, opsi selanjutnya adalah menggunakan Poster Tack. Sesuai namanya, produk ini memang digunakan khusus untuk menempelkan berbagai benda di dinding, termasuk menempelkan poster. 

Bentuknya seperti penghapus yang memiliki daya rekat cukup kuat. Anda hanya perlu menempelkannya ke bagian belakang poster pada beberapa titik agar dapat tertempel dengan kokoh di dinding. Namun perlu hati-hati jika memang ingin dilepas karena daya rekat Poster Tack juga cukup tinggi.

Baca juga: 5 Cara Memasang Wallpaper Dinding di Rumah!

 

3. Magic Tack

Selain poster tack, Anda juga bisa menggunakan benda perekat lainnya bernama magic tack. Benda yang satu ini dirancang khusus untuk menempelkan poster ke dinding. Bentuknya menyerupai permen karet, Anda hanya perlu membuatnya menjadi bagian tipis lalu menempelkannya ke bagian belakang poster. Saat menempelkannya ke dinding, tekan bagian dengan kuat pada magic tack tersebut.

 

4. Double Tape

Benda yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Double tape ini semacam isolatip bening yang memiliki daya rekat depan belakang. Double tape sangat mungkin Anda gunakan untuk menempelkan poster di dinding. Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda cukup menempelkannya pada tiap sudut poster sebelum memasangnya ke dinding. Selanjutnya tekan permukaan poster yang ditempel agar poster menempel dengan kuat dan merata.

Baca juga: Merawat Wallpaper Dinding

 

5. Paku Payung

Cara menempel poster tanpa merusak dinding selanjutnya adalah dengan menggunakan paku payung. Walaupun ini merupakan cara lama, tapi tidak ada salahnya. Anda bisa menggunakan paku payung untuk menempelkan poster di dinding. Agar lebih menjaga kondisi dinding, jangan menusukkan paku payung terlalu dalam. Anda bisa menancapkannya di sisi luar dinding dengan perlahan. 

Kalau memang masih kurang kuat, tidak perlu takut untuk mencoba langsung menancapkan paku payung secara keseluruhan ke dinding. Ketika dilepas pun, hanya meninggalkan lubang kecil di dinding yang tidak terlalu nampak.

​

6. Klip

Jika Anda memang tidak ingin mengambil risiko kerusakan pada dinding karena menggunakan beberapa cara di atas, berarti klip adalah pilihan paling aman. Untuk menggantungkannya, Anda memerlukan satu tali kecil yang telah diikat di permukaan dinding. Kemudian poster tinggal digantung dengan menggunakan klip tersebut. Secara estetika bisa lebih ditingkatkan lagi dengan menggunakan beberapa hiasan lainnya, seperti lampu-lampu dan kerajinan tangan dari kayu.

Jadi, itulah enam cara menempel poster tanpa merusak dinding. Mudah, bukan? Berbicara mengenai peralatan kerajinan ini, ada beberapa produk yang wajib tersedia di rumah Anda. Apa itu? Jawabannya adalah lem aibon. Sebagai produk yang sudah identik dengan botol berwarna kuning bergaris merah, lem aibon memiliki kekuatan perekat yang sangat baik. Tersedia dalam beberapa ukuran, Anda bisa mendapatkan produk lem aibon di Klopmart. Dengan informasi cara menempel poster tanpa merusak dinding, cek harga lem aibon sekarang juga.

Baca juga: 6 Kekurangan Wallpaper Sticker Dinding Rumah dan Bangunan

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya