Konstruksi

Perbedaan Bor Impact dan Bor Biasa sebagai Bor Drill Beton

Media
19 Apr 2018

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Saat ini, mesin bor sudah menjadi peralatan yang perlu dimiliki oleh setiap rumah tangga. Untuk itu ada baiknya kita juga mengenal mesin bor ini sehingga dapat memilih mesin bor yang tepat bagi kebutuhan Anda.

Dalam pekerjaan membuat lubang pada dinding untuk dipasangi paku atau sekrup, mesin bor tidak lepas peranannya dalam menjawab kebutuhan kita. For your informations, tidak semua mesin bor sesuai dengan jenis material dari benda yang akan dilubangi.

Secara umum, mesin bor dibagi menjadi dua jenis: mesin drill biasa dan mesin impact drill.

Mesin Bor Biasa

Mesin Bor Biasa/Standar adalah mesin bor yang bisa digunakan untuk materi kayu dan besi. Pastikan juga sebelum mengebor bahwa mata bornya sesuai dengan materi benda tersebut.

Baca juga: Pengertian Mesin Bor, Fungsi dan 9 Jenis-Jenis Bor


Mesin Bor Impact

Impact drill adalah mesin bor untuk materi kayu, besi dan beton. Pada mesin ini ada tambahan tombol untuk mengatur setting motor listrik di dalam mesih bor. Tersedia setting untuk pengeboran biasa untuk materi kayu & besi dan pengeboran dengan daya bentur (impact) untuk materi beton

Dengan mengetahui perbedaan ini, kita dapat membeli mesin bor yang tepat. Jika hanya untuk pekerjaan melubangi materi kayu dan besi saja, berarti cukup dengan mesin bor biasa. Tetapi jika ada beton yang harus dilubangi, maka haruslah mesin bor impact.

Keunggulan dari mesin bor biasa/standar adalah dari segi harga yang lebih murah dibandingkan mesin bor impact.

Keunggulan mesin bor impact adalah dari segi kemampuan motor listrik dan bahkan pada beberapa merk tertentu, ditambahkan pula fitur-fitur lainnya seperti pengatur kecepatan putaran mata bor dan juga pengatur arah putaran motor listrik. Dengan fitur pengatur kecepatan putaran, kita dapat mengatur efisiensi dan efektivitas pengeboran. Dengan fitur pengatur arah putaran, mesin bor dapat digunakan juga untuk mengencangkan atau mengendorkan sekrup dan baut. Sehingga fungsi mesin bor bertambah.

Sejalannya meningkatnya kemampuan motor listrik dan juga fitur-fitur tambahan berakibat kepada semakin mahalnya harga mesin bor tersebut.

Baca juga: Penjelasan Bagian Bagian Mesin Bor Tangan dan Fungsinya
 

Pastikan juga kelengkapan dari mesin bor, misalnya tangkai pengukur kedalaman lubang bor, handle tambahan dan bentuk mesin bor tersebut. Hal ini berpengaruh kepada kenyamanan dalam pengoperasian mesin bor. Semakin nyaman di tangan, kita juga semakin tidak mudah lelah dalam bekerja.


Tidak kalah pentingnya adalah pemilihan mata bor. Pastikan mata bor yang digunakan sesuai dengan material benda yang akan dilubangi. Tersedia di pasaran, berbagai tipe mata bor yang sesuai dengan jenis material. Untuk mengetahui jenis-jenis mata bor.

Jika Anda sedang mencari bahan material yang komprehensif untuk renovasi atau pembangunan rumah Anda, jangan ragu untuk datang ke Klopmart. Di sini, Anda dapat menemukan beragam opsi material berkualitas tinggi dengan harga yang bersahabat.

Baca juga: Harga Bor Listrik Bosch Terlengkap dan Terbaru

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya