Tangki air atau sering disebut tandon air. Tandon sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: tandon1/tan·don/ n 1 barang tanggungan; 2 barang persediaan; sediaan: waduk di desa itu berfungsi sebagai -- air di musim kering; -- darah: volume darah yang terkumpul pada tempat-tempat sirkulasi darah.

Tangki air ini berfungsi sebagai tempat menyimpan persediaan air untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga dalam rumah kita.

Di pasaran Indonesia saat ini ada bermacam-macam jenis, bentuk tangki air. Berarti kita perlu mengumpulkan informasi yang cukup untuk dapat kita jadikan bahan pertimbangan dalam memilih tangki air yang cocok bagi keperluan rumah kita.

Dari berbagai informasi tersebut, ada 3 (tiga) hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih tangki air, yaitu:

 

  1. JENIS TANGKI AIR

Ada 3 jenis tangki air ditinjau dari materi pembuatnya:

 

  • Fibreglass
  • Stainless Steel
  • Plastik PE (Polyethylene)

 

Secara umum, jamur dan lumut mudah tumbuh di dalam tangki berbahan fiberglass dan plastic PE karena sinar matahari dapat menembus dinding tangki. Untuk itulah beberapa produsen tangki air plastic PE melapisi bagian dalam tangki dengan lapisan khusus anti jamur dan lumut. Tangki berbahan stainless lebih sukar untuk ditumbuhi jamur dan kumut, karena dinding tangki air tidak tembus cahaya. Dari kekuatan materialnya, kita juga akan mendapati perbedaan. Bahan fiberglass mudah retak karena radiasi UV dan tidak tahan benturan. Tangki air berbahan plastic PE dan stainless lebih tahan benturan.

 

Masing-masing jenis tangki air di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu kita perlu membahas perbandingan jenis tangki air di kesempatan selanjutnya.

 

  1. KAPASITAS TANGKI AIR

Hal kedua yang penting kita pelajari adalah kapasitas tangki air. Kapasitas air yang akan kita beli harus dapat memenuhi kebutuhan para penghuni rumah akan air.

 

Rumus umum untuk menghitung kebutuhan konsumsi air per hari adalah: jumlah pemakai x angka variable pemakaian air. Untuk rumah mewah perkotaan, angka variable pemakaian: 250 liter/penghuni/hari.

Maka untuk rumah perkotaan (dimasukkan ke dalam golongan rumah mewah) dengan penghuni 4 orang, jumlah volume air bersih yang dibutuhkan: 4 x 250 = 1000 liter/hari.

 

Selalu gunakan tangki air yang lebih besar dari angka volume kebutuhan air bersihnya!

(Angka variable didapat dari tabel peruntukan bangunan dan pemakaian air bersih yang akan kita bahas lebih detil pada kesempatan berikutnya.)

 

  1. DIMENSI

Hal ketiga yang penting kita pelajari adalah dimensi atau ukuran tangki air versus area yang tersedia. Dengan kata lain, sebelum membeli tangki air, kita perlu mengetahui ukuran area yang tersedia yang akan dipergunakan untuk menempatkan tangki air. Ukurlah area tersebut dengan detil. Gunakan alat pengukur, baik pita ukur atau laser. Jangan hanya dikira-kira! Setelah itu, barulah kita memilih tangki dengan dimensi yang sesuai.

 

Hal ini penting supaya kita tidak salah memilih tangki air yang ternyata tidak muat dalam area yang tersedia. Perhitungkan juga dengan luas area instalasi pipa dan area sisi atas tangki supaya tangki dapat dibuka untuk diperiksa atau dibersihkan jika diperlukan.

 

 

Akhir kata, semoga ketiga hal ini dapat membantu kita semua dalam mempertimbangkan untuk kemudian memilih dan membeli tangki air yang sesuai dengan kebutuhan rumah kita.

  • By Admin
  • 06/07/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...