MACAM JENIS GENTENG RUMAH

MACAM JENIS GENTENG RUMAH

Penutup atap rumah yang umum digunakan di Indonesia adalah genteng.

Genteng selain melindungi rumah atau bangunan lain dari panas sinar matahari serta terpaan air hujan, juga berpengaruh terhadap penampilan bangunan secara keseluruhan. Baik itu aksen maupun estetika rumah atau bangunan tersebut.

Sudah sejak zaman dulu, nenek moyang kita menaruh perhatian besar terhadap penutup atap ini. Kita dapat melihatnya pada bentuk-bentuk bangunan tradisional Indonesia. Bentuk dan jenis penutup atap sangat mempengaruhi aksen penampilan dan estetika rumah-rumah adat. Atap rumbia, jerami dan sebagainya memang sudah digantikan oleh berbagai jenis genteng modern, tetapi konsep tentang penutup atap tidak berubah.

Oleh sebab itu penting untuk mengenal macam jenis genteng yang umum ada di pasaran wilayah negeri tercinta, Indonesia.

 

GENTENG SIRAP.

Genteng sirap ini dibuat dari kayu khas Kalimantan, yaitu kayu ulin. Kayu ulin dikenal juga dengan nama kayu bulian atau kayu besi. Kayu besi, karena kayu ini sangat keras dan tahan terhadap perubahan temperatur, kelembaban, air tawar dan air laut. Genteng sirap kayu ulin berwarna coklat kehitaman.

Saat ini, karena penjualan kayu ulin diawasi oleh Negara, genteng sirap juga banyak dibuat dari kayu merbau sebagai alternatif kayu ulin. Genteng sirap kayu merbau berwarna coklat kekuningan.

 

GENTENG TERAKOTA

Genteng tanah liat atau genteng terakota ini dibuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar secara tradisional dengan tungku sederhana. Genteng terakota ini berwarna merah-jingga seperti batu bata. Biasanya tersedia dalam model polos atau berglazur.

 

GENTENG KERAMIK

Genteng keramik juga dibuat dari tanah liat yang dicetak dan kemudian dibakar dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi dan suhu di atas 1000oC. Genteng keramik ini memiliki tampilan dalam berbagai warna karena dapat diberi lapisan warna dan diglazur. Lapisan warna ini bertujuan supaya tampilannya menarik dan dapat disesuaikan dengan desain dan warna rumah atau bangunan. Pelapisan glazur bertujuan supaya permukaannya mengkilap dan melindungi lapisan warna agar tahan lama dan juga tahan terhadap lumut.

 

 

GENTENG BETON

Genteng beton atau disebut juga genteng semen. Dibuat dari campuran semen, pasir, dan bahan aditif lainnya. Umumnya, genteng ini penampilannya kusam sehingga perlu dilapisi cat khusus supaya menarik.

 

GENTENG KACA

Genteng ini dibuat dari kaca dan digunakan sebagai jalan masuk sinar matahari ke dalam area rumah atau bangunan sebagai penerangan alami. Genteng ini hanya digunakan pada area tertentu pada atap. Jika digunakan berlebihan, maka sinar matahari yang masuk akan meningkatkan temperatur di dalam ruangan.

 

GENTENG ASPAL

Genteng aspal atau bitumen ini dibuat dari serbuk kertas, serat organic, resin serta aspal. Genteng ini juga berukuran lebih besar dan memiliki banyak pilihan warna menarik. Genteng ini ringan, fleksibel, kuat dan tidak mudah patah. Banyak digunakan untuk pelapis atap dengan rangka baja ringan.

 

GENTENG METAL

Genteng ini bukanlah genteng para penggemar musik beraliran rock metal. Genteng ini memang dibuat dari material logam, tepatnya pelat baja galvanis yang dilapis zincalume. Genteng ini berukuran lebih besar dari genteng-genteng yang disebut sebelumnya di atas. Karena berukuran lebih besar, proses pemasangan penutup atap jenis ini menjadi lebih cepat.

 

 

Setelah membahas ini semua, sekarang pertanyaannya:

Genteng rumah Anda termasuk yang mana?

Cek harga klik disini

Untuk menerima update harga secara berkala

Share Post : gplus twitter facebook

Latest Article

Trending Article

Related Article


RELATED PRODUCT

Wasser MBT-S2010 Single Lever Bath & Shower Mixer

Wasser MBT-S2010 Single Lever Bath & Shower Mixer

Rating :

Harga : Rp. 525.000

Onda K 405 GWC

Onda K 405 GWC

Rating :

Harga : Rp. 654.000

Wasser TL2-020

Wasser TL2-020

Rating :

Harga : Rp. 233.000

Wasser TL2-140

Wasser TL2-140

Rating :

Harga : Rp. 294.000

Yale Doc Fire Safe YFM/520/FG2 (Brankas Anti Api)

Yale Doc Fire Safe YFM/520/FG2 (Brankas Anti Api)

Rating :

Harga : Rp. 7.095.000

Terpal Plastik

Terpal Plastik

Rating :

Harga : Rp. 40.000

Toto Shower TX411SC

Toto Shower TX411SC

Rating :

Harga : Rp. 4.012.500

No Drop Bitumen Black

No Drop Bitumen Black

Rating :

Harga : Rp. 34.700

Onda Female Elbow

Onda Female Elbow

Rating :

Harga : Rp. 42.500

Toto Shower TX432SHBR

Toto Shower TX432SHBR

Rating :

Harga : Rp. 1.380.000