CARA MEMBERSIHKAN AC RUMAH

CARA MEMBERSIHKAN AC RUMAH

Umumnya kita merasa enggan untuk membersihkan perangkat yang satu ini. Mungkin karena ketidaktahuan kita sehingga kita menyentuhnya pun tidak mau. Padahal jika diperhatikan cara membersihkan Air Conditioning atau AC rumah ini, ternyata tidaklah terlalu sulit untuk melakukannya sendiri.

Ya. Tidak sesulit yang kita duga.

Kadang dugaan kita begitu tidak mendasar sehingga dugaan tersebut menjadi sebuah kebenaran di dalam pikiran kita yang kita yakini. Padahal, dugaan atau asumsi ini seharusnya dikonfrontir dulu dengan fakta-fakta yang ada sehingga dapat dibuktikan kebenarannya.

Pola pikir ini yang membuat kita enggan untuk mempelajari hal-hal baru atau hal-hal yang belum kita mengerti.

Naaaah, mari kita bahas tentang cara membersihkan AC rumah…

 

  1. Unit Indoor

Alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Bulu ayam atau kemoceng
  2. Kuas kecil yang kering
  3. Sikat gigi yang tidak dipakai (jika diperlukan)
  4. Lap dengan bahan lembut sebanyak 2 lembar
  5. Air yang dicampur sedikit sabun cair untuk cuci piring
  6. Buku petunjuk atau manual book AC
  7. Cairan pembersih AC indoor
  8. Kain pel
  9. Lembaran plastic, ember sebagai penadah tetesan air kotor

 

  1. Bersihkan permukaan casing-nya. Pastikan AC dalam keadaan mati. Putuskan aliran listrik dengan melepaskan kabel dari stop kontak. Bersihkan sarang laba-laba dan debu pada pemukaan casing dengan menggunakan kemoceng. Pastikan sebelumnya, kemoceng dalam kondisi kering dan tidak lembab agar debu tidak menjadi basah dan membuat noda pada casing. Bersihkan dengan lap dengan sedikit air. Keringkan dengan lap kering. Pada beberapa merk AC, tutup filter AC dapat dilepas dari casing. Lepaskan dan cucilah dengan air sabun tadi. Bersihkan lubang-lubang saluran udara pada tutup filter tersebut dengan sikat gigi.

 

  1. Bersihkan filter AC. Filter AC sebaiknya dibersihkan sebulan sekali untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan demi kesehatan kita sendiri. Ikuti petunjuk dari manual book mengenai cara melepaskan filter AC ini. Setelah dilepaskan, bersihkan gumpalan-gumpalan debu dengan kuas kering. Kemudian cuci dengan air sabun tadi. Bilas dengan air hingga bersih. Keringkan filter AC dengan lap kering dan kemudian diangin-anginkan di udara terbuka. Setelah kering sempurna, barulah dipasang kembali ke unit AC.

 

  1. Bersihkan bilah-bilah evaporator. Pastikan melapisi lantai di bawah AC dengan plastik dan ember. Kemudian bersihkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih AC yang banyak dijual di pasaran. Cairan pembersih ini biasannya disemprotkan ke bilah-bilah AC. Perlu ketelitian supaya tepat sasaran. Tutup bagian dengan komponen elektronik dengan plastic untuk menghindari terkena air atau cairan pembersih. Air kotor akan menetes ke bawah dan ditampung oleh ember tadi. Setelah selesai, bersihkan lantai di bawah AC dengan kain pel.

 

  1. Unit Outdoor

Alat-alat yang dibutuhkan:

  1.  Selang air
  2.  Kompresor air (jika ada)
  3.  Lap kering
  4.  Kain pel

 

Semprotkan air dengan selang untuk membersihkan kipas dan bilah-bilah kondensator. Jika memiliki kompresor air, tekanan air akan lebih mampu meresap ke area-area yang sulit dijangkau. Tidak perlu kuatir untuk menyemprotnya, karena unit outdoor sudah didesain sedemikian rupa sehingga air tidak dapat masuk ke bagian komponen elektroniknya. Setelah selesai, keringkan bagian luarnya dengan lap kering. Setelah selesai, bersihkan area lantai di bawah unit outdoor dengan kain pel.

 

Tidak terlalu sulit, bukan?

Lakukan pembersihan AC rumah setiap bulan dan jangan lupa minta bantuan teknisi professional untuk memeriksa kondisi AC setiap tahun. Dengan melakukan hal ini, kita dapat menghemat biaya perbaikan dan perawatan AC.

 

Selamat mencoba!

Cek harga klik disini

Untuk menerima update harga secara berkala

Share Post :

Latest Article

Trending Article

Related Article


RELATED PRODUCT

Toto closet CES992WA

Toto closet CES992WA

Rating :

Harga : Rp. 72.000.000

Onda Straight Equal Tee

Onda Straight Equal Tee

Rating :

Harga : Rp. 73.000

Toto Wastafel LW820J/LW820HFJ

Toto Wastafel LW820J/LW820HFJ

Rating :

Harga : Rp. 2.312.250

Toto Shower TX474SU

Toto Shower TX474SU

Rating :

Harga : Rp. 1.125.000

San-Ei SK27351

San-Ei SK27351

Rating :

Harga : Rp. 1.046.250

San-Ei PW500-S

San-Ei PW500-S

Rating :

Harga : Rp. 747.875

Yale YE1/40/122/1 Standard Shackel Padlock

Yale YE1/40/122/1 Standard Shackel Padlock

Rating :

Harga : Rp. 85.000

Onda A 803 CB

Onda A 803 CB

Rating :

Harga : Rp. 139.000

MU-290 Finish Plaster

MU-290 Finish Plaster

Rating :

Harga : Rp. 150.000

San-Ei S170-L

San-Ei S170-L

Rating :

Harga : Rp. 775.000