Bata rooster atau cukup disebut dengan roster dibuat sebagai media ventilasi untuk rumah-rumah tropis. Dinding bukan hanya sebagai pagar atau pembatas tetapi juga berfungsi sebagai saluran ventilasi sehingga kesejukkan rumah dapat terjaga.

 

Istilah ‘roster’ sendiri berasal dari kata Belanda rooster yang berarti ‘kisi-kisi’. Jadi kata roster BUKAN berasal dari kata bahasa Inggris rooster, yang berarti ‘ayam jantan’!

 

Awal-awalnya, sistem ventilasi ini diterapkan pada dinding bata ekspos dengan menyusun batu bata sedemikian rupa hingga mendapatkan lubang sebagai saluran udara dan juga estetika.

 

Pada perkembangannya, dinding dari bata rooster banyak juga digunakan sebagai penunjang dekorasi yang mempercantik rumah dan bangunan. Jika kita kreatif menyusunnya, misalnya dengan diselang-seling, akan menimbulkan efek pencahayaan dan bayangan yang menarik. Hal ini akan memperkuat sebuah desain ruangan atau bangunan.

 

Saat ini, roster dibuat dari bermacam-macam bahan. Yang umum ada di pasaran adalah:

 

  • Roster Semen

Berwarna abu-abu semen. Disebut juga roster batako. Tampilannya yang terkesan kokoh dan unfinished cocok untuk gaya desain industrial yang minimalis. Harganya lebih murah dibandingkan roster  tanah liat, tetapi lebih kuat. Variasi pola motifnya juga cukup banyak walaupun warnanya sama.

 

  • Roster Tanah Liat

Roster ini memiliki tampilan seperti bata merah oven, karena memang juga terbuat dari tanah liat yang dibakar. Tampilannya terkesan natural tetapi kurang begitu kuat dibandingkan roster batako. Roster tanah liat juga disebut dengan nama lain, yaitu: roster genteng dan roster terakota.

 

  • Roster Kayu

Harganya sedikit lebih murah dibandingkan roster keramik tetapi tetap lebih mahal dibandingkan roster tanah liat. Roster yang terbuat dari kayu ini memiliki motif ukiran yang terkesan tradisional dan natural sehingga cocok untuk rumah atau bangunan dengan gaya etnik dan tradisional. Perlu diingat bahwa kayu cenderung tidak tahan udara lembab dan serangan rayap.

 

  • Roster Keramik

Jenis roster ini adalah jenis yang paling mahal harganya dari ketiga jenis sebelumnya. Karena dibuat dari keramik, roster ini memiliki berbagai pola, motif, dan warna. Tampilannya mengkilap dengan warna-warni dan motif menarik. Roster jenis ini mudah perawatannya.

 

  • Roster GRC

Karena dibuat dari GRC (Glassfibre Reinforced Concrete), yaitu material komposit (campuran) dari beton dan serat kaca, roster ini dapat dibuat dengan ukuran besar dan lebih tipis dan rumit motifnya. Karakteristik lainnya adalah kuat, tahan alkali dan ringan.

 

  • Roster Logam

Roster jenis ini dibuat dari logam besi cor, stainless steel, aliminum, bahkan kuningan. Desainnya yang minimalis dan modern cocok untuk gaya desain minimalis dan industrial.

 

Keuntungan menggunakan dinding roster:

 

  • Dinding rumah dan bangunan selain berfungsi sebagai penyekat, dapat juga berfungsi sebagai ventilasi udara.

 

  • Kesejukkan temperatur udara di dalam rumah dan bangunan dapat dijaga karena sirkulasi udara dapat mengalir baik.

 

  • Cahaya matahari dapat masuk ke dalam area rumah dan bangunan melalui area dinding yang tidak berjendela. Hal ini mengurangi kelembaban dan juga menambah pencahayaan internal.

 

  • Karena kesejukkan terjaga, listrik dapat dihemat dari pengurangan penggunaan AC.

 

  • Karena cahaya dapat masuk, listrik dapat dihemat dari pengurangan pemakaian lampu di pagi hingga siang hari.

 

  • Motif roster yang menarik dapat menjadi unsur dekorasi dari rumah dan bangunan secara keseluruhan.

 

Kerugian dengan penggunaan dinding roster:

 

  • Perlu diperhatikan area privasi yang akan dipasangi roster, karena perlu diingat bahwa area tersebut akan menjadi mudah terlihat dari luar.

 

  • Angin dan debu dapat terbawa masuk ke dalam rumah dan bangunan sehingga perlu bijaksana dalam penempatan dinding roster.

 

  • Perlu memperhatikan arah mana dinding roster akan menghadap untuk menghindari masuknya cahaya matahari yang terlalu banyak. Ruangan yang diharapkan terang malahan menjadi ruangan yang silau.

 

  • Tidak dapat digunakan sebagai dinding utama yang menyangga beban bangunan karena kurang kuat. Hanya dapat digunakan sebagai penyekat.

 

  • Pemasangan harus cermat karena tidak memiliki sistem penguncian, sehingga perlu tukang yang terampil.

 

Dengan mengerti keuntungan dan kerugian penggunaan roster sebagai material pembuat dinding, kita dapat mempertimbangkan penempatan dinding tersebut dengan lebih bijaksana.

  • By Admin
  • 14/06/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...