Momen mudik adalah salah satu hal yang dinantikan pada saat liburan Lebaran untuk pulang ke kampung halaman dan bersilahturahmi dengan sanak keluarga. Selain itu momen mudik sekaligus bisa menjadi momen untuk berekreasi ke tempat wisata bersama keluarga.

 

Mudik dengan mobil pribadi merupakan salah satu alternatif transportasi. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik ke keluar kota agar perjalanan kita aman, nyaman dan lancar. Berikut ini tips mudik dengan mobil pribadi yang perlu kita perhatikan:

 

1.Cek Kondisi Mobil

Hal pertama dan utama adalah periksa komponen mobil yang vital seperti kondisi mesin, kondisi ban, oli mesin, oli rem, aki, kampas rem, AC, lampu-lampu, dan air wiper. Pastikan semua dalam kondisi baik dan jika perlu lakukan servis mobil terlebih dahulu.

 

2.Cek Kelengkapan Mobil

Jangan lupa untuk periksa kelengkapan mobil seperti ban serep (dalam kondisi baik dan siap pakai), dongkrak, toolkit mobil, kotak P3K, setiga pengaman, kunci setir, kabel jumper, tempat sampah dan charger mobil + powerbank untuk ponsel.

 

3.Perhatikan Kapasitas

Penting untuk memperhatikan jumlah orang dan barang bawaan sesuai dengan kapasitas mobil yang digunakan. Pastikan semua barang bawaan dikemas dan ditempatkan di bagasi dengan aman dan nyaman sehingga tidak membatasi ruang gerak kita.

Agar perjalanan mudik aman dan nyaman, jangan memaksakan jumlah orang dan barang bawaan melebihi kapasitas mobil.

 

4.Pastikan Bahan Bakar Cukup

Isilah penuh bahan bakar sebelum berangkat agar tidak kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Tandai juga lokasi pengisian bahan bakar sepanjang perjalanan pada peta.

 

5.Siapkan Kartu E-Toll dan Uang Tunai yang Cukup

Pastikan kartu e-toll atau e-money dengan jumlah/saldo yang cukup sesuai tujuan perjalanan.

Bawalah uang tunai yang cukup karena tidak semua toko/rumah makan menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit.

 

6.Bawa Perbekalan yang Cukup

Penting bagi kita untuk melengkapi diri dengan perbekalan yang cukup seperti makanan, minuman (khususnya air putih) serta obat-obatan pribadi selama perjalanan jauh dengan waktu tempuh yang cukup lama. Siapkan secukupnya dan jangan terlalu berlebihan dalam membawa perbekalan agar mobil tidak menjadi penuh.

 

7.Gunakan Alat Navigasi seperti Peta dan GPS

Siapkan peta baik baik berupa digital maupun buku untuk lebih mudah untuk menemukan jalur ke lokasi tujuan, mencari alternatif rute dan menghindari kemacetan.

Aktifkan aplikasi GPS pada ponsel saat melakukan perjalanan dan pastikan baterai ponsel mencukupi. Peta dalam bentuk buku diperlukan jika area yang kita lewati tidak memiliki sinyal ponsel yang baik.

 

8.Utamakan Keselamatan

  • Jangan paksakan diri untuk menyetir jika sudah kelelahan. Ambil waktu sekitar 15 menit setiap 4 jam untuk istirahat agar badan kita segar kembali untuk berkendara. Tandai tempat-tempat perisitirahatan sepanjang perjalanan untuk beristirahat, mengisi bensin dan juga mengisi perbekalan.
  • Taati peraturan berkendara dan peraturan lalu lintas: pakailah sabuk pengaman, jangan kebut-kebutan dan jangan melanggar lalu lintas. Kelalaian pengendara salah satu penyebab kecelakaan.

 

 

Demikian beberapa tips yang perlu kita perhatikan sebelum berangkat mudik dengan mobil pribadi. Hal penting yang tidak boleh dilupakan juga adalah berdoalah sebelum berangkat agar perjalanan lancar dan tiba di tempat tujuan dengan selamat.

 

Selamat mudik!

  • By Admin
  • 13/06/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...