Lebaran sebentar lagi tiba dan tradisi tahunan yang pasti akan terjadi menjelang Lebaran adalah mudik. Tradisi mudik ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat terutama yang tinggal di kota-kota besar atau tempat perantauan untuk berpulang ke kampung halaman dan bersilaturahmi dengan keluarga secara langsung. Kegiatan mudik bisa dilakukan secara pribadi, bersama anggota keluarga maupun secara rombongan.

 

 Kegiatan mudik biasanya sudah dimulai sekitar tujuh hari menjelang Hari Raya Idul Fitri dan umumnya pemudik berangsur-angsur kembali ke kota-kota besar  atau tempat perantauan sekitar lima hingga tujuh hari sesudahnya. Selama mudik berlangsung tentulah banyak yang ditinggalkan dalam keadaan kosong tanpa penghuni dan hal ini sering menjadi sasaran tindak pelaku kejahatan.

 

Jelang mudik, kita sibuk melakukan berbagai persiapan agar perjalanan jauh menuju kampung halaman lebih aman, nyaman, praktis, dan lancar. Sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, pastikan juga bahwa kita sudah mempersiapkan tindakan preventif untuk mencegah resiko kemalingan atau kerugian lain yang tidak diinginkan.

 

Hal-hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dan menghindari resiko kerugian saat rumah dalam keadaan kosong:

 

  1. Kunci semua pintu dan jendela

Pastikan semua akses keluar dan masuk seperti pintu dan jendela dalam keadaan terkunci.

Bila diperlukan pasanglah alat pengaman tambahan seperti alarm keamanan dan CCTV (kamera pengintai) di beberapa titik rawan kejahatan (halaman, ruang tamu, kamar tidur).

 

  1. Simpan barang berharga

Simpanlah barang-barang berharga seperti surat-surat penting, uang, dan perhiasan di tempat yang paling aman dan sulit dijangkau. Jika membutuhkan pengamanan lebih, bisa juga menggunakan layanan penitipan barang yang disediakan oleh Bank dan Pegadaian terdekat.

 

  1. Cabut listrik dan gas yang tidak diperlukan untuk menghindari resiko kebakaran
  • Matikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan seperti AC, komputer, TV, radio, pompa air, dan alat elektronik lainnya, untuk menghindari korsleting.
  • Cabut selang  regulator tabung gas untuk menghindari kebocoran gas, karena meskipun tidak di pakai, gas akan tetap mengalir ke selang regulator yang terpasang pada tabung.

 

  1. Matikan saluran utaman PAM dan keran air

Pastikan saluran utama PAM dan keran air tidak mengalir untuk menghindari terjadinya kebocoran dan tentunya menghindari tagihan yang membengkak.

 

  1. Kosongkan tempat penampungan air

Usahakan untuk mengosongkan bak mandi, ember atau tempat penampungan air lainnya untuk mencegah bersarangnya nyamuk demam berdarah. Jika penampungan air harus tetap terisi untuk persediaan maka tutuplah dengan rapat dan taburi abate.

  1. Bersihkan rumah sebelum pergi
  • Usahakan agar seluruh bagian rumah dibersihkan seperti kamar mandi dan dapur.
  • Bersihkan kulkas dan jika mudik lebih dari 2 minggu, sebaiknya kosongkan isi kulkas kemudian matikan aliran listriknya.
  • Jangan meninggalkan sampah organik. Bersihkan dapur dan buanglah semua sampah untuk menghindari bau busuk dan bersarangnya semut, kecoa dan tikus.
  • Tutup semua lubang pembuangan dan lumbang kamar mandi agar serangga dan tikus tidak dapat masuk ke dalam rumah.

 

  1. Pasang lampu otomatis

Pasanglah lampu otomatis terutama di bagian depan rumah seperti teras. Lampu otomatis ini adalah alat elektronik yang mampu mendeteksi cahaya terang dan gelap sehingga secara otomatis lampu akan menyala pada malam hari dan mati pada siang hari. Lampu yang menyala terus sepanjang siang dan malam biasanya menandakan bahwa pemilik sedang tidak di rumah.

 

  1. Titipkan rumah pada orang yang dipercaya
  • Titipkan rumah pada kerabat atau tetangga terdekat yang tidak mudik.
  • Laporkan ke RT/RW atau keamanan setempat sebelum pergi mudik.
  • Tinggalkan nomor telepon yang dapat dihubungi jika terjadi hal-hal darurat.

 

  1. Jangan tunjukkan bahwa rumah sedang kosong
  • Berhati-hatilah posting di media sosial karena segala sesuatu yang di posting melalui media sosial itu bersifat publik (siapapun bisa membacanya). Tanpa kita sadari menyebarkan informasi pribadi di media sosial menjadi sasaran tindak pelaku kejahatan.
  • Berhati-hatilah dalam bercerita tentang rencana mudik kepada orang lain, lingkungan sekitar dan tempat kerja. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • By Admin
  • 26/05/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...