“MAHAL!” Itu kata-kata yang sering kita dengar saat membahas lampu LED.

Kan, masih ada jenis lampu biasa yang juga hemat energi! Oke, hingga saat ini memang masih ada di pasaran jenis lampu fluorescence hemat energi. Hemat energi yang dimaksud di sini adalah jika dibandingkan dengan lampu pijar biasa.

Lampu pijar biasa? Apa itu? Lampu pijar biasa itu adalah lampu bohlam biasa yang umum kita pakai. Ini adalah pengembangan dari lampu pijar seperti yang diciptakan tahun 1879 oleh Thomas Alva Edison.

Tapi kan lampu neon hemat energi lebih murah dibandingkan lampu LED! Jika kita melihat harga yang tercantum di rak supermarket atau di toko elektrik, memang betul, harganya lebih mahal dibandingkan bohlam lampu biasa.

Lalu kenapa barang mahal koq tetap dijual? Apa untungnya pakai lampu LED? Naaaah, untung Anda bertanya… Mari kita perhatikan keuntungannya kita memakai lampu LED:

 

  1. Cahaya Lebih Terang

Lampu LED menghasilkan cahaya yang lebih terang dibandingkan lampu pijar biasa dengan ukuran watt yang sama. Sebagai perbandingan, intensitas cahaya lampu LED adalah 84 lumens/watt. Sedangkan intensitas cahaya lampu CFL (Compact Fluorescence Lamp) 55,4 lumens/watt, dan lampu pijar (tungsten) 14,3 lumens/watt.

 

  1. Hemat Energi

Karena intensitas cahayanya lebih besar per 1 watt dibandingkan lampu biasa, berarti lampu LED mengkonsumsi daya lebih kecil dibandingkan lampu biasa. Lampu LED 3 W dikatakan setara dengan lampu pijar 40 W.

 

  1. Usia Pakai Lebih Panjang

Ada lampu LED yang dikatakan oleh produsennya dapat berusia pakai hingga 10 – 15 tahun. Ada juga yang mengklaim dapat digunakan hingga 8 tahun. Berapa pun itu, ternyata usia pakai lampu LED tetap lebih panjang dibandingkan lampu jenis lainnya. Lampu CFL semakin menurun kualitas pencahayaannya seiring dengan frekuensi penyalaannya. Semakin sering dinyalakan, lampu CFL akan terlihat semakin redup.

 

  1. Hemat Biaya

Karena konsumsi energinya rendah, usia pakainya panjang, dengan menggunakan lampu LED berarti dapat menekan biaya penggunaan listrik dan menghemat belanja kebutuhan lampu setaiap tahunnya.

 

  1. Tidak Menghasilkan Panas Berlebih

Lampu LED tidak menghasilkan panas sehingga tidak menyumbangkan kelebihan energi panasnya kepada ruangan yang diteranginya. Berbeda dengan lampu CFL dan lampu pijar biasa yang menghasilkan panas, semakin tinggi intensitasnya, semakin tinggi panas yang dihasilkan. Lampi pijar yang dinyalakan terus menerus dapat beresiko menyebabkan kebakaran.

 

  1. Ramah Lingkungan

Lampu LED tidak menggunakan material tungsten ataupun gas halogen sehingga relatif aman bagi lingkungan dan pemakainya. Bahan yang digunakan juga lebih tahan pecah dibandingkan lampu CFL dan lampu pijar biasa, sehingga lampu LED lebih aman digunakan.

 

  1. Langsung Terang

Lampu LED, seperti lampu pijar, dapat langsung menyala terang tanpa perlu waktu pemanasan seperti halnya lampu CFL. Lampu CFL baru menyala terang optimal setelah beberapa menit.

 

Jadi walaupun biaya pembelian lampu LED lebih mahal dibandingkan biaya pembelian lampu jenis lain, kita dapati di atas bahwa lampu LED tetap lebih hemat karena terbukti efisien dan efektif semasa usia pakainya.

Dengan kata lain, biaya pembelian lampu LED adalah investasi yang cukup berharga bagi rumah keluarga kita atau bahkan kantor dan pabrik kita!

  • By Admin
  • 15/05/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...