CARA AMAN MENGGUNAKAN MESIN BOR

CARA AMAN MENGGUNAKAN MESIN BOR

Mesin bor adalah peralatan pertukangan yang mudah digunakan sendiri untuk pekerjaan di rumah Anda. Tetapi seperti semua peralatan yang lain, diperlukan pengetahuan bagaimana menggunakannya secara aman. Untuk mesin bor dengan fitur tertentu, Anda perlu juga membaca mengenai keamanan penggunaan di buku manual bor Anda.

Sebelum mulai, pastikan Anda mengerti bagian-bagian mesin bor Anda. Bagian-bagian umum pada mesin bor dapat Anda temukan di sini.

 

PERSIAPAN PENGEBORAN

  1. Gunakan selalu Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker pernafasan, kacamata pelindung dan sarung tangan. Hal ini perlu untuk melindungi diri Anda dari debu dan pecahan material. Jika pengeboran dilakukan dalam rentang waktu yang lama, lebih baik Anda mengenakan pelindung pendengaran (hearing protection).

 

  1. Jangan menggunakan perhiasan atau asesoris yang menggantung dan pakaian yang kedodoran karena tanpa sengaja dapat tersangkut putaran mata bor.

 

  1. Pilih mata bor yang sesuai dengan material yang akan dibor. Hal ini perlu untuk mendapatkan hasil yang efektif dan efisien. Hal ini juga dapat menghindari dari patahnya mata bor karena material yang dibor lebih keras daripada ketahanan mata bornya. Baca buku manual dari mesin bor Anda. Pilih juga mata bor sesuai ukuran sekrup yang akan dimasukkan dalam lubang hasil bor. Anda dapat membaca tentang jenis-jenis mata bor di sini.

 

  1. Pasang mata bor pada cengkam mesin bor (chuck). Kencangkan dengan kunci cengkam (chuck-key) yang biasanya disertakan dalam kemasan mesin bor saat membelinya. Pastikan mata bor berada pada posisi di tengah-tengah (centered) cengkam. Jika mata bor membengkok saat digunakan, kemungkinan besar posisinya tidak tepat di tengah-tengah cengkam. Segera ganti mata bor tersebut.

 

  1. Jika mengebor benda-benda kecil, pastikan dijepit dengan benar dengan clamp. Hal ini untuk menghindari tergelincirnya benda-benda tersebut sehingga mesin bor dapat membahayakan Anda.

 

  1. Pasang kabel stop kontak mesin bor ke stop kontak. Pastikan stop kontak  tersebut memiliki aliran listrik yang cukup. Jangan menarik kabel dari badan kabel. Tariklah dari kepala stop kontaknya. Hal ini untuk menjaga kabel tembaga tidak putus di dalam.

 

  1. Pastikan area yang dilalui kabel dalam keadaan kering dan tidak tergenang oleh air. Hal ini supaya Anda terhindar tersengat listrik. Jika pekerjaan pengeboran harus dilakukan di area yang basah dan tergenang, lakukan pengeboran dengan mesin bor nirkabel (wireless).

 

 

 

MENGEBOR DENGAN AMAN

  1. Mulailah dengan memberi tanda pada tempat yang akan dibor. Lalu gunakan bor dengan mata bor yang lebih kecil dari yang sudah kita pergunakan tadi. Buatlah lubang yang dangkal. Kemudian kita ganti mata bor dengan ukkuran yang sesuai sekrup yang akan dipergunakan. Lubang dangkal tadi adalah pilot-hole sebagai acuan mata bor yang lebih besar agar tidak tergelincir.

 

  1. Umumnya posisi bor tegak lurus dengan bidang material yang dibor. Pegang dengan mantap dan beri dorongan ke depan. Jika perlu dorongan yang besar untuk mengebor, kemungkinan mata bornya yang tidak sesuai jenisnya.

 

  1. Pada beberapa mesin bor, terdapat fitur pengaturan kecepatan putaran. Pilihlah kecepatan putaran yang sesuai. Jika saat mengebor, mesin bor sulit didorong maju, maka kecepatannya kurang. Jika mudah sekali maju, berarti kecepatan putaran terlalu berlebihan.

 

  1. Mata bor dapat menjadi panas, jika pekerjaan pengeborannya sekaligus banyak atau material yang dibor cukup keras. Berilah jeda pada setiap pengeboran supaya mata bor dapat menjadi dingin sebelum pengeboran dilanjutkan. Hal ini dilakukan supaya usia pakai mata bor Anda dapat menjadi lebih panjang dan tidak patah. Patahnya mata bor saat digunakan dapat membahayakan Anda!

 

  1. Jika mata bornya tersangkut pada material yang dibor, jangan panik! Tetap tenang, jangan langsung mencabut mesin bor dari lubang. Dinginkan sejenak dan lepaskan mesin bor dari mata bor dengan mengendurkan cengkam (cengkam). Lalu cabut mata bor dengan peralatan lain. Cabut perlahan-lahan supaya sisi lubang hasil pengeboran pada material tidak rusak.

 

  1. Jika mata bor perlu diganti atau mesin bor selesai digunakan, pastikan terlebih dahulu temperaturnya sudah dingin sebelum Anda pegang untuk melepaskannya.

 

  1. Bersihkan mesin bor dan mata bornya. Setelah itu, gulung kabel dan simpan di tempat yang kering
Cek harga klik disini

Untuk menerima update harga secara berkala

Share Post : gplus twitter facebook

Latest Article

Trending Article

Related Article


RELATED PRODUCT

Toto Closet CW950PJ

Toto Closet CW950PJ

Rating :

Harga : Rp. 6.855.000

Yale Y110J/15/111/2B Padlock/Gembok

Yale Y110J/15/111/2B Padlock/Gembok

Rating :

Harga : Rp. 94.000

Wasser MMS-A020N Minimalist Shower Mixer plus Shower Set

Wasser MMS-A020N Minimalist Shower Mixer plus Shower Set

Rating :

Harga : Rp. 1.235.000

Wasser MBT-S610 Single Lever Bath & Shower Mixer

Wasser MBT-S610 Single Lever Bath & Shower Mixer

Rating :

Harga : Rp. 560.500

Sherlock S05 Handle

Sherlock S05 Handle

Rating :

Harga : Rp. 115.810

Keramik Roman KW 2

Keramik Roman KW 2

Rating :

Harga : Rp. 55.500

Pipa PVC Rucika Standard Type AW

Pipa PVC Rucika Standard Type AW

Rating :

Harga : Rp. 21.000

INCREASER (D-IN) Rucika

INCREASER (D-IN) Rucika

Rating :

Harga : Rp. 2.430

Toto Wastafel LW825J/LW825FJ

Toto Wastafel LW825J/LW825FJ

Rating :

Harga : Rp. 2.887.500

Sherlock Tusen Klep

Sherlock Tusen Klep

Rating :

Harga : Rp. 34.900