MULAILAH MENGHEMAT AIR

MULAILAH MENGHEMAT AIR

Kedengarannya klise, apalagi bagi kita yang tinggal di negara beriklim tropis yang berlimpah airnya.

Walaupun begitu, kita saat ini mulai merasakan dampak akibat pemanasan global. Hujan berkepanjangan versus kemarau berkepanjangan yang tidak jelas jadwalnya. Saat kemarau, di kota-kota besar, yang penyerapan air ke tanah sangat kurang, sumber air tanah dapat mengering. Sementara saat hujan, banjir melanda pemukiman. Sumur-sumur kemudian digali semakin dalam demi mendapatkan sumber air bersih. Tentu saja biaya untuk ini tidaklah sedikit!

Tapi ada PDAM, kan?

Betul. Tetapi jangkauan PDAM juga terbatas di kota-kota besar. Di Bogor, yang disebut Kota Hujan saja, air PDAM di perumahan-perumahan tertentu dapat menurun debitnya hingga berhenti sama sekali saat hujan deras… Jika hampir tiap hari turun hujan, bayangkan bagaimana kebutuhan air bersih bisa tercukupi? Ironi sekali, bukan? Lagipula jika kita boros menggunakan air PDAM, otomatis tagihannya juga membengkak!

 

 

Mulailah memanfaatkan Air Hujan.

Air hujan ditampung di dalam tangki-tangki khusus dan juga dialirkan ke dalam tanah untuk diserap melalui bio-pori serta sumur resapan. Tangki-tangki khusus ini dibahas dalam artikel Memanen Air Hujan. Baca juga mengenai Bio-pori dan Sumur Resapan. Dengan begitu diharapkan kita dapat menggunakan air hujan untuk kebutuhan Mandi Cuci Kakus (MCK) sebagai alternatif sumber air bersih selain air sumur dan PDAM. Selain itu kita juga dapat memiliki cadangan air bersih di dalam tanah saat musim kemarau. Jika Anda berminat membuatnya, baca juga cara membuat Bio-pori dan Sumur Resapan.

 

Bijaksana Menggunakan Kran Air.

Gunakan kran yang memiliki saringan khusus di bagian saluran keluarnya. Saringan khusus ini selain menyaring pasir yang terbawa air, juga dapat menghemat air. Matikan aliran air kran saat tidak sedang digunakan langsung. Jangan biarkan air bersih mengalir terbuang percuma. Nyalakan aliran air kran saat hendak membilas pakaian, mencuci piring, sikat gigi ataupun membasuh tubuh.

 

Gunakan Shower atau Pancuran Air.

Shower model sekarang sudah dirancang untuk menghemat air. Air yang digunakan untuk membersihkan badan dapat lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan gayung.

 

Bijaksana Menggunakan Mesin Cuci

Jika Anda mencuci menggunakan mesin cuci listrik, pastikan bahwa jumlah pakaian kotor yang akan dicuci sesuai dengan kapasitas mesin cuci Anda. Jangan terlalu sering mencuci pakaian dengan jumlah sedikit-sedikit, karena air yang digunakan oleh mesin cuci dalam satu kali mencuci akan lebih banyak dibandingkan jumlah pakaian. Hal ini membuang-buang air bersih secara percuma.

 

Menyiram Tanaman

Jika Anda memiliki taman, pastikan menyiraminya saat pagi atau sore hari. Hal ini menyebabkan penyerapan air ke tanah cukup besar dibandingkan siang hari. Pada siang hari air yang menguap ke udara jauh lebih besar dibandingkan pada pagi atau sore hari.

 

Perbaiki Kebocoran Saluran Air

Pastikan untuk segera memperbaiki kebocoran pada pipa saluran air bersih sehingga air bersih tidak terbuang percuma. Pastikan juga kran tertutup rapat. Jika kran terus menetes dalam kondisi tertutup, segera ganti dengan yang baru karena kran tersebut bocor.

Cek harga klik disini

Untuk menerima update harga secara berkala

Share Post : gplus twitter facebook

Latest Article

Trending Article

Related Article


RELATED PRODUCT

Toto Kran TX303BKBR

Toto Kran TX303BKBR

Rating :

Harga : Rp. 2.137.500

Wasser TL3-061M

Wasser TL3-061M

Rating :

Harga : Rp. 315.000

Wasser MBA-S2030

Wasser MBA-S2030

Rating :

Harga : Rp. 455.000

Toto Kran TX119LEL

Toto Kran TX119LEL

Rating :

Harga : Rp. 2.475.000

Wasser MBA-X030 Single Lever Basin Mixer

Wasser MBA-X030 Single Lever Basin Mixer

Rating :

Harga : Rp. 550.000

Wasser EMK-B40

Wasser EMK-B40

Rating :

Harga : Rp. 604.354

Wasser TLX-030 Lever Handle Wall Tap

Wasser TLX-030 Lever Handle Wall Tap

Rating :

Harga : Rp. 200.000

Onda Y 321 C

Onda Y 321 C

Rating :

Harga : Rp. 113.000

Wasser MMB-A030

Wasser MMB-A030

Rating :

Harga : Rp. 796.600

Wasser TL-020

Wasser TL-020

Rating :

Harga : Rp. 220.000