CARA MEMASANG WALLPAPER

CARA MEMASANG WALLPAPER

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan wallpaper sebagai alternatif pelapis dinding ruangan, Anda juga harus mempelajari tahapan dalam cara memasang wallpaper agar hasil pemasangan benar-benar bagus, rata dan rapi, terutama jika Anda ingin mengerjakannya sendiri tanpa tukang.

 

Persiapan

  • Hitung kebutuhan wallpaper

Hitung terlebih dahulu kebutuhan wallpaper yang akan digunakan untuk menghindari kelebihan wallpaper yang tersisa.  Selengkapnya baca: menghitung kebutuhan wallpaper dinding.

 

  • Siapkan peralatan

Peralatan yang diperlukan antara lain tangga, alas plastik, cutter, pensil, penggaris, meteran, benang dan pemberat, wallpaper, lem wallpaper, bak pengaduk lem (2 buah), kuas lem, roller, spons, amplas, dan kape.

 

  • Periksa keadaan dinding

Pastikan dinding yang akan dipasang dalam keadaan baik. Tidak ada kebocoran atau rembesan air, tidak bergelombang, tidak lembab, tidak berjamur dan tidak berminyak. Jika dinding bermasalah, perbaiki dan rapikan dinding terlebih dahulu sebelum memasang wallpaper.

 

  • Bersihkan ruangan

Bersihkan perabotan, lukisan, dan peralatan yang ada pada dinding atau disekitar dinding tersebut agar ruang kerja lebih luas dan bersih sehingga pemasangan wallpaper lebih mudah dan cepat.

 

Pemasangan

  • Tentukan titik awal dan tegak lurus

Tentukan titik awalnya, mulailah dari pojok atau ujung ruangan yang paling tidak mencolok.

Buatlah garis acuan dengan pensil dari titk awal ruangan yang telah Anda tentukan. Garis acuan tersebut dibuat dari atas sampai ke bawah bagian dinding agar lembar wallpaper pertama terpasang lurus dan rapi. Hal ini dilakukan supaya wallpaper tegak lurus pada posisinya pada saat pemasangan.

 

  • Potong wallpaper

Potonglah wallpaper menjadi panel-panel sesuai panjang, lebar dan tinggi ruangan. Berikan kelebihan beberapa centimeter khususnya pada bagian yang akan disambung agar setiap sambungan tersambung dengan rapi dan sejajar. Ada baiknya tandai bagian belakang lembaran wallpaper dengan nomor agar tidak salah dalam memasang wallpaper sesuai urutan.

 

 

 

 

  • Siapkan lem

Siapkan 2 bak (besar dan kecil) untuk pembuatan lem. Bak besar berisi lem untuk menempel permukaan dinding dan bak kecil berisi lem yang lebih kental untuk menempel bagian sambungan dan sudut.

 

  • Aplikasi lem

Siapkan lembaran wallpaper yang sudah dipotong diatas meja panjang atau di lantai yang telah diberi alas plastik bersih. Sapukan lem pada wallpaper dengan roller atau kuas secara perlahan dan merata tetapi jangan sampai terlalu basah agar tidak terjadi gelembung. Pada bagian tepi wallpaper yang berbatasan dengan sudut dinding atau sambungan, aplikasikan lem yang lebih kental menggunakan kuas.

 

  • Memasang wallpaper

Tempel dan pasang wallpaper pada dinding secara hati-hati sambil mengikuti tanda yang telah Anda buat sebelumnya. Ratakan wallpaper menggunakan penggaris.

 

  • Sambungan

Gunakan lem yang lebih kental pada bagian sambungan menggunakan kuas. Ratakan lem pada bagian kiri dan kanan agar sambugan tersamar dan tidak terlihat.

 

  • Meratakan dan cek kerapihan

Ratakan wallpaper yang telah terpasang dengan penggaris. Potong sisa wallpaper dengan cutter. Cek kembali wallpaper tersebut khususnya bagian sambungan dan sudut. Gunakan spons yang diberi air untuk meratakan sekaligus menyerap kelebihan lem. Setelah itu lap dinding dengan lap kering. Pastikan dinding kering dan tidak ada sisa lem yang menempel. 

Cek harga klik disini

Untuk menerima update harga secara berkala

Share Post : gplus twitter facebook

Latest Article

Trending Article

Related Article