TIPS MENDESAIN DAPUR

TIPS MENDESAIN DAPUR

Bagi orang yang senang memasak, dapur merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk mengolah bahan makanan, berkreasi dengan berbagai menu, hingga menyajikan hidangan makanan dan minuman.

Di masa kini, dapur tidak hanya dirancang sebagai tempat untuk menyiapkan makanan saja tetapi telah dirancang untuk terintegrasi dengan ruang makan yang menjadi ruang berkumpulnya keluarga atau ruang komunal. Bahkan ada yang merancang dapur yang dapat berfungsi sebagai ruang kerja atau area bahkan bermain bagi anak-anak.

Bentuk dan desain dapur saat ini menjadi salah satu bagian yang cukup penting bukan hanya sebagai area aktivitas memasak saja tetapi juga harus bisa memberikan kenyamanan, mencerminkan gaya hidup, dan memiliki nilai estetika.

Merancang dapur sesuai keinginan yang kita kehendaki bukalah hal mudah. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan, antara lain membuat perencanaan dan perhitungan biaya dengan matang dan cermat. Berikut ini beberapa langkah yang dapat menjadi panduan awal dalam mendesain dapur ideal kita:

 

  • Tentukan Fungsi Dapur

Kegiatan apa saja yang akan dilakukan di dapur? Apakah dapur ini adalah dapur bersih, dapur kotor, atau sebuah dapur yang merangkap fungsi keduanya? Pertanyaan tersebut membantu kita untuk menetukan bentuk dapur, serta jenis dan model perlengkapan dapur yang diperlukan.

 

  • Tentukan Bentuk Dapur dan Segitiga Kerja

Bentuk dapur yang kita kehendaki haruslah memiliki prinsip segitiga kerja yang akan membuat ruang kerja kita di dapur lebih efisien dan fungsional. Contoh bentuk dapur dan prinsip segitiga kerja:

 

 

  • Perhatikan Instalasi Air, Listrik dan Gas

Perubahan ataupun penyesuaian bentuk dapur dan penempatan peralatan dapur, akan berpengaruh pada instalasi pipa air, jalur listrik, dan pipa gas (jika ada) bahkan pada saluran pembuangan. Perencanaan pengaturan instalasi air, listrik dan gas serta saluran pembuangan harus diperhitungkan agar sejak awal.

 

  • Rancang Tempat Penyimpanan

Merancang tempat penyimpanan harus disesuaikan dengan penempatan peralatan dapur agar tertata rapih dan terorganisir. Selain itu juga tempat penyimpanan harus dirancang dengan baik agar ruang dapur pun terlihat bersih, rapih dan apik.

 

  • Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan dapur merupakan salah satu elemen desain yang harus diperhatikan. Pencahayaan alami di pagi dan siang hari dapat menghemat energi listrik. Selain itu, pengaturan pencahayaan di malam hari harus disesuaikan pada area yang sering digunakan untuk beraktivitas.

 

  • Pilihan Warna

Pilihan warna dapat mencerminkan kepribadian dan karakter pemiliknya sehingga kita harus benar-benar memikirkan kualitas dan jenis warna yang sesuai.

 

  • Pilihan Material

Pilihlah material yang berkualitas dengan daya tahan yang tinggi untuk mengurangi penambahan biaya di kemudian hari akibat perbaikan material dapur yang mudah rusak.

 

  • Gunakan Jasa Interior

Salah satu hal yang dapat dipertimbangkan adalah meminta bantuan jasa desain interior yang berpengalaman dalam mendesain dapur.

 

  • Susunlah Anggaran Biaya

Setelah semua hal tersebut diatas sudah kita perhitungkan, buatlah perencanaan anggaran biaya yang matang agar kita mengetahui besarnya biaya yang harus disiapkan dan menentukan skala prioritas dalam membangun dapur idaman kita.

 

Semoga tips tersebut diatas dapat menjadi panduan kita dalam merancang dapur impian kita.

Good luck!

Cek harga klik disini

Untuk menerima update harga secara berkala

Share Post : gplus twitter facebook

Latest Article

Trending Article

Related Article


RELATED PRODUCT

Onda Tee Kuningan Otomatis (W4)

Onda Tee Kuningan Otomatis (W4)

Rating :

Harga : Rp. 72.500

Onda Check Valve STD

Onda Check Valve STD

Rating :

Harga : Rp. 88.000

Onda Tusen Klep

Onda Tusen Klep

Rating :

Harga : Rp. 76.500

Onda Tusen Klep Long

Onda Tusen Klep Long

Rating :

Harga : Rp. 39.300

Rucika Clean Out Cap (D-CO)

Rucika Clean Out Cap (D-CO)

Rating :

Harga : Rp. 22.500

Onda PEX Cutter

Onda PEX Cutter

Rating :

Harga : Rp. 91.800

Rucika P-Trap (D)

Rucika P-Trap (D)

Rating :

Harga : Rp. 14.000

Onda Plug Kran Mini

Onda Plug Kran Mini

Rating :

Harga : Rp. 45.000

Onda Y Strainer

Onda Y Strainer

Rating :

Harga : Rp. 112.000

Onda Ball Valve M X F

Onda Ball Valve M X F

Rating :

Harga : Rp. 101.000