LENGKAPI PERKAKAS DI RUMAH ANDA!

LENGKAPI PERKAKAS DI RUMAH ANDA!

Bagi Anda yang gemar melakukan perbaikan sendiri di rumah atau mengerjakan proyek Do-It-Yourself (DIY), pastilah biasa menyimpan perkakas dan peralatan di rumah.

Nah, untuk Anda yang berkilah tidak senang bertukang atau lebih senang menggunakan jasa tukang untuk melakukan perbaikan, ada baiknya mempertimbangkan untuk menyiapkan perkakas dasar atau perkakas standar di rumah Anda. Kita tidak pernah tahu kapan waktunya kita membutuhkan perkakas-perkakas sederhana untuk perbaikan kabel atau hanya sekedar memasang paku untuk menggantungkan lukisan dalam rangka mempercantik rumah Anda, karena istri Anda menginginkannya. Husbands, be a hero for your wife! Wahai para Suami, jadilah pahlawan bagi istrimu!

Perkakas apa saja untuk dijadikan perkakas standar rumah?

We are glad you ask! Kami senang Anda bertanya…

Perkakas standar untuk rumah Anda:

  • Palu atau martil (hammer). Palu sudah ada sejak awal peradaban manusia dan digunakan untuk memberikan tumbukan pada benda. Bentuknya bermacam-macam sesuai fungsi khususnya (mungkin perlu kita bahas dalam satu artikel tersendiri)… jadi bagi yang belum pernah melihat palu, berarti lahir sebelum peradaban manusia… hehehe. Palu atau martil yang cocok digunakan sebagai perkakas standar adalah palu dengan ujung yang satu datar dan ujung lainnya berbentuk cakar. Cakar ini berfungsi untuk mencabut paku dari tempatnya. Palu ini disebut dengan palu paku (nail hammer).

 

  • Satu set Obeng (screwdriver) dengan ujung berbentuk plus dan minus, biasanya terdiri dalam dua ukuran: obeng ukuran sedang dan besar. Obeng berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup.

 

  • Satu set Obeng Kecil (Obeng Kacamata). Obeng berukuran kecil ini disebut obeng kacamata karena memang sering digunakan untuk memperbaiki bingkai kacamata. Obeng kacamata juga dibuat dengan ujung plus dan minus.

 

  • Obeng Test Pen. Obeng ini digunakan untuk menguji adanya aliran listrik pada sebuah benda. Obeng ini memiliki lampu yang akan menyala jika disentuhkan dengan benda beraliran listrik. Obeng ini cocok untuk menguji adanya aliran listrik pada stop kontak rumah.

 

  • Tang dalam beberapa ukuran:
    • Tang Kombinasi besar. Tang ini memiliki beberapa fungsi sekaligus, seperti pengencang baut dan mur, pemotong kabel, dan pemotong kawat.
    • Tang Cucut adalah tang berujung runcing sehingga dapat menjangkau area yang sempit. Biasanya sekaligus menjadi pemotong kawat atau kabel.
    • Tang Pemotong. Tang ini bermoncong pendek dan tajam pada kedua rahangnya yang memang berfungsi sebagai pemotong kabel dan kawat.

 

  • Cutter atau Pisau Kerja. Sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi fungsinya, bukan?

 

  • Meteran dengan pita ukur minimal 5 meter. Alat ukur ini perlu dimiliki di rumah. Ana dapat menggunakannya untuk mengukur ruangan dan kamar dalam rumah Anda. Dapat juga untuk mengukur dimensi perabotan saat Anda ingin membeli perabotan yang baru, sehingga tidak perlu tebak-tebakan ukuran ruangan di toko bersama pramuniaga toko.

 

  • Kabel Tis (Cable Ties). Nama kabel tis memang akibat salah kaprah membaca teks cable ties pada kemasannya. Sekali lagi apa boleh buat, apa mau dikata? Nama ini sudah terlanjur melekat pada alat pengikat kabel ini. Dengan cable ties, Anda dapat menggabungkan beberapa kabel untuk merapikannya dengan mengikatnya menjadi satu. Kabel tis juga dapat cukup kuat digunakan untuk mengikat benda-benda lainnya.

 

  • Kunci Inggris (English Key atau Adjustable Wrench). Anda dapat membaca mengenai sejarah dan fungsi kunci Inggris: SEJARAH KUNCI INGGRIS.

 

  • Kunci L. Baca juga KUNCI L untuk dapat mengetahui jenis dan fungsi kunci yang satu ini. Kunci L diperlukan untuk membuka sekrup dengan lubang heksagonal. Sekrup heksagonal biasanya sering digunakan pada gagang pintu.

 

  • Isolasi Kabel dan isolasi pipa. Isolasi Kabel digunakan untuk menutup potongan ataupun sambungan kabel listrik supaya terlindung dari sentuhan. Isolasi pipa digunakan pada sambungan pipa air dengan kran air agar tidak mengalami kebocoran.

 

Perkakas tambahan yang perlu juga Anda pertimbangkan:

Gergaji Kayu, Gergaji Besi, dan Mesin Bor. Untuk mesin bor, baca juga: Pilihlah Mesin Bor yang Tepat Bagi Anda!

Nah, lumayan lengkap sudah perkakas standar rumah Anda. Siapa tahu saat tukang Anda datang untuk melakukan perbaikan dan tiba-tiba dia sadar dia kelupaan membawa beberapa perkakas. Alangkah tertolongnya Anda saat perkakas tersebut memang tersedia sebagai perkakas standar rumah Anda, bukan?

Jika tidak mau repot, Anda dapat membeli satu set perlengkapan standar, dilengkapi tas perkakas (toolbag) atau perangkat pembawanya yang dijual di pasaran. Perhatikan kelengkapannya. Jangan sampai salah beli sehingga perkakas Anda malahan tidak relevan untuk keperluan rumah.

Cek harga klik disini

Untuk menerima update harga secara berkala

Share Post :

Latest Article

Trending Article

Related Article


RELATED PRODUCT

Sikagard 608 W Gloss

Sikagard 608 W Gloss

Rating :

Harga : Rp. 65.000

Bosch GSH 5

Bosch GSH 5

Rating :

Harga : Rp. 4.735.500