Pada kesempatan sebelumnya, kita sudah membahas tentang #SAATNYAGANTIKASUR! Pada artikel tersebut, kita membahas tanda-tanda yang menunjukkan waktu dan saat yang tepat untuk mempertimbangkan mengganti kasur lama Anda dengan yang baru.

Jika ternyata memang sekaranglah saatnya mengganti kasur lama Anda dengan kasur yang baru atau ternyata Anda perlu untuk menggantinya dalam waktu dekat, jangan juga Anda salah pilih kasur baru Anda. Anda bisa lho salah pilih kasur!

Salah pilih kasur dapat menimbulkan risiko yang cukup besar. Ingat, kita menghabiskan 8 jam setiap hari untuk tidur. 8 jam adalah waktu ideal untuk tidur malam hari yang direkomendasikan para pakar kesehatan. Berarti kita menghabiskan 8 jam waktu hidup kita setiap hari di atas kasur! Bagi Anda yang gemar tidur tidak di atas kasur, berarti artikel ini bukanlah untuk Anda… Mohon lewatkan saja… hehehe

Jika kita salah pilih kasur, kita akan menghabiskan beberapa jam setiap malam di tempat yang tidak nyaman dan hal itu akan mengganggu tidur malam Anda. Akibatnya kondisi fisik kita tentu saja menurun karena kualitas tidur malam kita kurang baik. Hal ini akan turut mempengaruhi kehidupan kita.

Berarti membeli kasur yang tepat adalah sebuah investasi bagi kesehatan kita.

Oke mari kita bahas beberapa kiat memilih kasur yang tepat.

 

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum memilih dan membeli kasur.

Di zaman semuanya serba online ini kita dapat mengumpulkan sebanyak mungkin informasi berkenaan tentang jenis-jenis kasur lengkap dengan kelebihan dan kekurangannnya. Catat dan simpanlah hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan tidur malam kita. Catatan ini akan membantu pertimbangan kita dalam memilih kasur. Bagi Anda yang sudah menikah, diskusikan ini dengan pasangan Anda! Jangan sampai kenyamanan tidur malam Anda berdua terganggu karena bertengkar akibat salah pilih kasur.

 

Ukuran kasur.

Pilihlah ukuran kasur yang sesuai ukuran badan Anda dan ukuran kamar tidur Anda. Jangan sampai kasur baru Anda berukuran lebih kecil dari ukuran badan Anda. Pastikan juga kasur baru Anda masih menyisakan ruangan yang cukup bagi Anda bergerak dan beraktivitas di dalam kamar tidur, misalnya membuka-menutup pintu dan jendela kamar, berganti pakaian, menyapu-mengepel lantai kamar, dan sebagainya. Jangan sampai Anda tersandung kasur baru Anda di dalam kamar! Hal ini lucu terdengar tetapi tidak lucu saat mengalaminya, bukan?

Hingga saat ini ukuran kasur tidak memiliki standar yang sama. Setiap produsen menggunakan standar ukurannya sendiri. Secara umum, ukuran kasur dapat dikelompokkan menjadi:

Memilih Kasur yang Tepat untuk Tidur Berkualitas

Bed Size Chart by Sleep Train

 

Jenis kasur.

Saat ini ada berbagai jenis kasur yang dapat kita pilih, mulai dari kasur kapuk, kasur pegas (spring bed), dan kasur lateks (latex), dan kasur memory foam. Ada pula kasur hybrid dan pillow-top.

  • Kasur kapuk memang jenis kasur yang sangat ekonomis dibandingkan jenis lainnya, tetapi kasur kapuk lebih cepat menipis karena kapuk cepat mengempis setelah beberapa saat menahan bobot badan kita. Kapuk kurang sejuk untuk digunakan dibandingkan kasur pegas.
  • Kasur pegas (spring bed) adalah jenis kasur yang paling umum di pasaran. Kasur pegas seperti namanya memiliki pegas atau per di bawah lapisan busanya. Kasur jenis ini cukup kuat, cukup membal. Karena adanya rongga udara di area pegas, kasur jenis ini cukup sejuk digunakan.
  • Kasur lateks adalah kasur yang terbuat dari karet alami. Kasur ini lebih nyaman ketimbang kasur pegas. Kasur lateks lebih membal, mampu menopang bobot tubuh kita secara menyeluruh, dan cukup sejuk saat digunakan.
  • Kasur memory foam pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1970-an oleh badan luar angkasa Amerika Serikat, NASA, untuk jok kursi pilot dan kursi penumpang pesawat terbang. Kasur ini sangat nyaman karena mengikuti bentuk badan kita. Yang menarik adalah kasur ini tahan goncangan, artinya kasur ini tidak menyalurkan beban yang diterimanya ke seluruh area kasur, sehingga cocok untuk pasangan suami isteri. Gerakan-gerakan saat tidur satu orang tidak mengganggu orang di sebelahnya.
  • Kasur hybrid adalah jenis kasur yang merupakan gabungan dari dua atau tiga jenis kasur. Karena merupakan gabungan beberapa jenis kasur, maka kasur hybrid diharapkan memiliki kelebihan-kelebihan dari jenis-jenis kasur yang digabungkan tadi. Hybrid kasur pegas + kasur memory foam: cukup membal, sejuk digunakan dan tahan goncangan. Ada juga kasur hybrid yang menggabungkan kasur lateks dengan kasur memory foam kemudian diberi penopang pegas di bagian bawahnya.
  • Kasur pillow-top adalah jenis kasur yang memiliki lapisan bantalan ekstra di atas permukaan kasur. Hal ini membuat kasur menjadi ekstra empuk dan lembut. Pillow-top dapat digunakan untuk semua jenis kasur yang disebut di atas.

 

Gaya Tidur

Gaya tidur kita berkaitan dengan tingkat kekerasan kasur. Mungkin lebih jelas jika kita gunakan dari skala angka 1 (paling empuk) hingga angka 10 (paling keras).

Mattress Firmness Guide For Different Sleeping Positions

Firmness scale - sleepadvisor

Gaya tidur menyamping. Ini adalah gaya tidur dengan bertumpu pada bagian samping tubuh kita, baik itu samping kiri atau samping kanan. Untuk gaya tidur ini, umumnya cocok dengan kasur yang agak empuk dengan skala kekerasan (3-5).

Gaya tidur telentang. Gaya tidur ini menghadap ke atas dan bertumpu pada punggung kita dan cocok untuk skala (4-7).

Gaya tidur tengkurap. Gaya tidur ini biasanya bertumpu pada bagian depan tubuh kita: area dada dan perut. Biasanya cocok untuk kasur yang agak keras dengan skala (6-7), karena pastinya tidak ingin merasa ‘tenggelam’ ke dalam kasur dengan posisi tengkurap, bukan?

 

Budget.

Semakin tinggi teknologi yang digunakan, otomatis akan mempengaruhi harga jual kasur tersebut. Siapkan budget untuk investasi yang satu ini, karena harga kasur saat ini tidak dapat dibilang murah. Tetapi hal ini tidak berarti kasur yang termahal adalah kasur yang paling tepat untuk Anda! Kasur yang termurah pun bukan berarti jawaban yang paling tepat untuk kebutuhan tidur Anda.

Dari beberapa poin di atas tadi, kumpulkan seluruh informasi yang Anda perlukan dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

 

SELAMAT MEMILIH KASUR!

*dirangkum dari berbagai sumber.

Cek harga klik disini
  • By Admin
  • 06/12/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Untuk menerima update harga secara berkala


RELATED PRODUCT

Schneider ST.33682

Schneider ST.33682

Rating :

Harga : Rp. 1.946.868

Schneider ST.33662

Schneider ST.33662

Rating :

Harga : Rp. 1.425.386

Schneider ST.33482

Schneider ST.33482

Rating :

Harga : Rp. 23.478.840

Granit Roman

Granit Roman

Rating :

Harga : Rp. 170.000

Keramik Roman

Keramik Roman

Rating :

Harga : Rp. 11.500

Atap Twinlite

Atap Twinlite

Rating :

Harga : Rp. 3.740.000

Tangki Air Kaki P Premium

Tangki Air Kaki P Premium

Rating :

Harga : Rp. 2.200.000

Tangki Air Datar P Premium

Tangki Air Datar P Premium

Rating :

Harga : Rp. 2.150.000

AM 88 - Acian Diatas Plester

AM 88 - Acian Diatas Plester

Rating :

Harga : Rp. 83.000

AM 80 Plester

AM 80 Plester

Rating :

Harga : Rp. 53.000