Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperluan dan budget, sekarang kita perlu mengenal jenis-jenis mata bor. Pernahkah Anda mengalami patahnya mata bor saat sedang mengebor tembok beton? Pernahkah Anda tidak puas dengan hasil kerja mesin bor Anda? Padahal Anda sudah membeli mesin bor yang paling canggih di pasaran! Kemungkinannya adalah, Anda tidak menggunakan mata bor yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.

 

Oke… Mari kita perhatikan satu persatu…

 

 

Mata Bor High Speed Steel (HSS Bits)

Mata bor HSS adalah mata bor yang umum dipakai. Dikenal juga sebagai Twist Bits. Mata bor HSS terdiri dari 3 macam:

  • HSS reguler. Mata bor ini cocok untuk penggunaan sehari-hari atas material kayu, plastik dan logam.
  • HSS Titanium Nitride. Ini adalah mata bor HSS yang diberi coating Titanium Nitride sehingga usia pakainya lebih panjang daripada mata bor HSS reguler. Mata bor ini sesuai untuk pengerjaan material kayu, plastic dan logam.
  • HSS Cobalt. Ini adalah mata bor berbahan dasar logam campuran antara High Speed Steel dengan cobalt. Mata bor ini lebih tahan temperatur tinggi dan sesuai untuk pekerjaan atas material stainless steel, high tensile steel, besi tuang, kuningan dan sambungan las.

 

Mata Bor Kayu (Brad Point/Spur Bits)

Mata bor ini juga disebut Spur Bits karena memiliki ujung yang runcing. Mata bor ini digunakan untuk pengerjaan material kayu. Ujung runcing ini berfungsi untuk mempertahankan posisi mata bor tetap lurus terhadap permukaan kayu sehingga lubang yang dihasilkan cukup halus dan presisi.

 

Mata Bor Kipas (Spade Bits)

Mata bor ini memiliki bentuk melebar dengan ujung runcing tipikal mata bor untuk pengerjaan kayu. Lubang yang dihasilkan lebih lebar diameternya dibandingkan mata bor kayu spur bits.

 

Mata Bor Auger (Auger Bits)

Mata bor jenis ini memiliki alur yang dapat mendorong mesin bor untuk maju sambil mengebor, sehingga mesin bor tidak perlu didorong terlalu kuat. Mata bor ini untuk membuat lubang berdiameter besar pada material kayu yang tebal dan keras.

 

Mata Bor Beton (Masonry Bits)

Mata bor ini memiliki ujung yang dilapisi tungsten carbide yang keras sehingga cocok untuk pengerjaan material batu bata, semen, beton dan batu. Mata bor ini untuk digunakan pada mesin bor impact. Artikel mesin bor impact dapat dibaca di sini.

 

Mata Bor Multifungsi (Multi-Purpose Bits)

Mata bor multifungsi ini memiliki ujung yang sangat keras sehingga dapat digunakan untuk pengerjaan material kayu, plastik, hampir segala jenis logam, dan juga beton/batu. Dapat digunakan pada mesin bor impact, baik dalam mode drill ataupun hammer. Walaupun begitu tetap direkomendasikan untuk menggunakan mata bor yang sesuai dengan jenis pekerjaannya sehingga hasilnya dapat optimal.

 

Mata Bor Kaca (Spear Point Bits)

Mata bor ini memiliki ujung seperti ujung mata tombak sehingga dijuluki spear point bits. Mata bor ini memiliki ujung dari tungsten carbide yang keras sehingga cocok untuk pengerjaan material kaca, keramik dan porselen. Mata bor ini harus menggunakan putaran mesin yang rendah dan perlu dilumasi dengan air, terpentin atau minyak tanah supaya temperatur kerja tetap rendah. Hal ini perlu untuk memperpanjang usia pakainya.

 

Itulah beberapa mata bor yang umum dipakai dalam pekerjaan sehari-hari. Ada lagi beberapa jenis mata bor lain yang dipakai untuk keperluan khusus, tetapi hal itu akan kita bahas dalam artikel lain dan di waktu yang lain.

  • By Admin
  • 19/04/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...