Kulkas adalah perangkat listrik yang sangat dibutuhkan bagi keperluan rumah tangga saat ini. Kulkas bukan lagi merupakan barang mewah. Kulkas sudah menjadi kebutuhan.

Dengan adanya kulkas, maka kita dapat menyimpan cadangan makanan dan bahan makanan dalam segar lebih lama. ‘Keadaan segar’ di sini dalam artian layak makan dan dalam keadaan baik, belum rusak ataupun membusuk karena kontaminasi bakteri.

Kulkas berasal dari bahasa Belanda koelkast yang terjemahan bebasnya berarti ‘lemari pendingin.’ Saat ini kulkas dipasarkan dalam berbagai merk, model, dan jenis. Tentu saja semua itu dalam berbagai pilihan harga. Mulai dari angka yang fantastis hingga terjangkau dicantumkan pada kulkas-kulkas itu.

Dari sekian banyak merk dan jenis kulkas, bagaimana cara memilihnya?

Oke. Mungkin ada baiknya jika kita membahas beberapa tips sebagai acuan dalam memilih kulkas yang tepat. Karena namanya juga kebutuhan, berarti kita harus melihat berdasarkan kebutuhan dan juga kapasitas kemampuan kita dan rumah kita. Jangan sampai beli kulkas mahal dan besar, tetapi ternyata di rumah tidak ada jalur instalasi listrik dari PLN! Atau ternyata kapasitas listrik rumah kita sangat rendah, tidak mumpuni untuk kulkas seperti itu. Alhasil kulkas mewah tapi hanya dapat dijadikan pajangan. Paling tidak bisa dipergunakan juga sebagai lemari…

 

  • Perhatikan volume kulkas. Perkirakan kebutuhan kita sehari-hari, seberapa besar kapasitas kulkas yang kita perlukan. Pastikan untuk memilih kulkas dengan kapasitas yang lebih besar daripada kebutuhan kita. Hal ini perlu karena kebutuhan kita akan semakin bertambah setiap harinya. Biasanya, yaaa...
  • Perhatikan ukuran dimensi kulkas. Persiapkan area untuk penempatan kulkas nantinya. Walaupun volumenya sama, ukuran dimensi bisa berbeda-beda. Dapat lebih pendek tetapi lebih lebar dan tebal, atau malah lebih tinggi tetapi lebih kecil ukuran lebar dan tebalnya.
  • Perhatikan kebutuhan listriknya. Setiap kulkas yang dijual dilengkapi catatan berapa besar kapasitasnya dan berapa besar konsumsi listriknya selama satu jam. Pastikan juga kapasitas listrik di rumah Anda cukup untuk kebutuhan listrik kulkas agar dapat berfungsi dengan baik. Pilihlah kulkas yang hemat energi.
  • Perhatikan fitur-fiturnya:
    • Fitur pendingin. Kulkas zaman now diperlengkapi dengan berbagai perangkat agar dapat menghemat energi listrik. Multi-air-flow adalah salah satunya. Seluruh area kulkas merata pendinginannya. Pilihlah kulkas yang tidak menimbulkan bunga es, baik pada freezer maupun refrigerator. Bunga es akan mengurangi efisiensi kereja kulkas dan menyulitkan penyimpanan, bahkan jika dibiarkan, bunga es yang bertumpuk dapat merusak pintu kulkas.
    • Fitur wadah penyimpanan. Perhatikan fitur ini karena kepraktisan dan multifungsi adalah salah satu hal penunjang dalam pemilihan sebuah kulkas. Apakah ada: area penyimpanan telur yang aman; pemisahan antara makanan mentah dengan matang; area sayuran yang terpisah dan terjaga kesegarannya; alat pembuat es batu dan wadah penyimpanannya; rak penyimpanan pada pintu untuk botol dan container yang tinggi; dan sebagainya. Anda akan sangat terbantu dengan fitur ini dalam menyimpan makanan matang dan bahan makanan mentah di dalam kulkas ini nantinya.
  • Pilihlah produsen yang sudah terbukti. Bukan berarti kita gila merk. Sama sekali bukan! Tetapi produsen kulkas yang sudah terbukti, biasanya memiliki standar kualitas yang cukup tinggi sehingga kulkas produksinya juga akan panjang usia pakainya.
  • Perhatikan garansi & after sales service. Hal ini perlu jika (amit-amit) terjadi kerusakan beberapa saat setelah kita gunakan. Jika kerusakan yang terjadi adalah karena kesalahan produksi, maka kulkas akan diservis dan diganti suku cadangnya tanpa biaya tambahan. Pastikan After sales service-nya (layanan purna-jual) jelas sehingga jika terjadi kerusakan setelah masa garansi berlaku, kita dapat dengan mudah menghubungi pusat servisnya.
  • Desain Kulkas. Memang poin yang satu ini berkaitan dengan selera kita masing-masing. Betul, tetapi saat ini desain kulkas sudah beraneka ragam, sehingga kita perlu memilih kulkas yang selaras dengan desain interior rumah kita. Jangan sampai desain kulkasnya membuat tampilan rumah Anda jadi tidak karuan.
  • Harga Kulkas. Ini adalah poin terakhir yang paling menentukan. Pastikan harga kulkas yang kita pilih sesuai dengan kemampuan kita. Jangan sampai terjadi besar pasak daripada tiang.

 

Selamat memilih kulkas…

  • By Admin
  • 20/10/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...