Di saat musim kemarau yang panjang seperti saat ini, temperatur air tanah di beberapa tempat bahkan mencapai sekitar 34o – 40o Celsius! Panasnya udara terasa tak tertahankan. Kita perlu banyak mengkonsumsi air putih supaya kondisi tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi.

Rupanya panasnya temperatur udara ini juga menaikkan temperatur tanah, sehingga mempengaruhi keadaan rumah tinggal kita.

 

Lantai Rumah

Periksa keadaan lantai rumah yang menggunakan keramik ataupun batu alam. Pastikan kondisinya baik dan tidak retak ataupun memiliki rongga udara di bawahnya. Hal ini dapat kita ketahui dengan cara mengetuk permukaan lantai. Jika ada rongga udara, maka lantai keramik akan berbunyi lebih nyaring saat diketuk. Jika dibiarkan udara panas akan mendorong rongga udara hingga keramik akan terangkat diiringi bunyi ledakan (popping). Baca lebih lanjut: LANTAI KERAMIK ANDA MELEDAK (POPPING)?

 

Genteng Rumah

Genteng rumah juga perlu diperhatikan. Periksa kondisinya dengan teliti dan hati-hati. Pastikan tidak ada genteng yang retak maupun pecah. Mumpung masih musim kemarau, perbaiki dan gantilah genteng Anda, sebelum musim hujan tiba. Baca juga: MACAM JENIS GENTENG RUMAH.

 

Talang Air

Talang air juga perlu diperhatikan kondisinya. Pastikan talang air masih dalam keadaan baik, tidak ada retak maupun pecah. Pastikan juga dalam kondisi bersih. Angin musim kemarau seringkali membawa terbang daun-daun kering ke atas atap. Hal ini perlu dilakukan sehingga saat musim hujan, air akan mengalir dengan leluasa turun dari atap Anda. Baca lebih lanjut: 4 JENIS TALANG AIR.

 

Sambungan Genteng & Dinding

Periksa kondisi sambungan antara genteng dan dinding. Pastikan sambungan ini dalam kondisi baik, tidak ada retakan. Jika ada retakan, maka air hujan akan merembes masuk ke dalam dinding rumah.

 

Dinding Rumah

Dinding rumah juga perlu diperhatikan, khususnya dinding pada bagian luar. Jika ada retakan-retakan pada permukaannya, segera perbaiki. Lapisi dengan cat tahan air ataupun dengan pelapis waterproofing. Baca juga: MEMILIH WATERPROOFING RUMAH YANG TEPAT.

 

Kusen Pintu & Jendela

Kusen pintu yang terbuat dari kayu akan mengkerut saat udara panas. Sebaliknya saat musim hujan dengan kelembaban tinggi akan menyebabkan kusen kayu mengembang. Proses pemuaian dan pengerutan ini akan menyebabkan tekanan pada dinding rumah hingga menyebabkan retakan. Jika dibiarkan dinding akan semakin rusak. Pintu perlu diserut dan tentunya harus dilepaskan terlebih dahulu dari kusennya.

 

Kamar Mandi

Periksa kondisi nat antar keramik dalam kamar mandi Anda. Jika semen pengisi nat antar keramik sudah habis terkikis akan membuka jalan bagi cacing tanah untuk mencari kesejukan dan kelembaban. Periksa juga lubang drainase, gunakan penutup drainase yang sulit dilalui kecoa dan tikus. Biasanya mereka mencari sumber air dari kamar mandi dan toilet. 7 CARA BASMI CACING DI KAMAR MANDI.

 

Hama

Saat musim kemarau dengan temperatur tanah yang semakin tinggi, akan menyebabkan beberapa serangga seperti semut pindah ke dalam rumah mencari kesejukan. Jika dibiarkan, maka semut-semut ini akan membuat sarangnya semakin besar di dalam rumah Anda. Bagi rumah yang berada berdekatan dengan sawah ataupun sungai, perlu waspada akan tikus dan ular. Ular sawah sepanjang dua meter pernah ditemui bersarang dalam plafon rumah di dalam kompleks perumahan mewah yang berada berdekatan dengan area persawahan. CARA AMPUH USIR KECOA.

 

Perbaiki bagian-bagian yang rusak sehingga Anda siap menjalani musim kemarau dan juga menghadapi musim hujan berikutnya. Biasanya hujan yang tertunda oleh musim kemarau panjang , akan turun cukup deras dan besar debit airnya. Bersiaplah…

  • By Admin
  • 18/10/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...