Jika tiba-tiba tagihan dari PLN membuat Anda mengernyitkan dahi, sebelum Anda protes ke loket pengaduan pelanggan, coba perhatikan dulu apa yang terjadi di rumah Anda.

Apakah PLN baru saja menaikkan Tarif Dasar Listrik?

Apakah Anda menggunakan peralatan listrik tambahan yang baru saja dibeli oleh keluarga? Apakah ada freezer baru untuk menyimpan cadangan makanan beku. Apakah ada tambahan perangkat AC yang baru saja dipasang bulan lalu?

Apakah ada penggunaan peralatan listrik yang berlebihan selama satu bulan ini? Misalnya apakah ada penggunaan AC selama seharian karena ada kerabat datang berkunjung menginap di rumah? Apakah perangkat game console dimainkan seharian oleh anak-anak saat mereka liburan sekolah?

Itu adalah hal-hal tambahan yang dapat menyebabkan melonjaknya tagihan listrik rumah Anda. Namun ada hal lain yang mungkin saja menjadi penyebabnya. Perangkat elektronik dan perangkat listrik yang tidak terawat juga dapat menyerap banyak energi listrik tanpa Anda sadari.

 

Kipas Angin

Kipas angin yang kotor juga dapat menyebabkan meningkatnya konsumsi listrik. Debu tebal yang menempel pada bilah baling-baling kipas akan menyebabkan beratnya beban motor listrik untuk memutarnya sehingga konsumsi listriknya juga meningkat. Kerangkeng baling-baling kipas yang kotor menyebabkan terhambatnya arus udara yang menyebabkan kipas digunakan lebih lama untuk mendorong jalannya sirkulasi dalam ruangan.

Untuk cara membersihkan kipas angin, baca juga Jangan Lupa: Bersihkan Kipas Angin Anda!

Periksa kipas angin Anda, apakah bantalan peluru pada poros baling-baling kipas masih dalam kondisi baik? Jika bantalan poros tersebut mulai kering, hal ini dapat juga menambah beban pada motor listrik. Jika didiamkan akan merusakkan kipas angin Anda!

 

Perangkat AC

Apakah perangkat AC selalu pada temperatur terendah? Cek remote control AC Anda, lihat angka temperaturnya! AC tidak akan pernah mencapai temperatur terendah sesuai permintaan Anda.

Apakah perangkat AC Anda kotor? AC yang kotor dapat menyebabkan AC bekerja keras untuk mencapai temperature yang Anda set melalui remote control tadi.

Baca juga Tips Penggunaan AC: Hemat Listrik & Biaya

Apakah kapasitas AC Anda sesuai besarnya ruangan dan jumlah penghuninya? Jika Anda belum mengetahui cara menghitung kapasitas AC, Anda dapat membaca Cara Memlih AC.

 

Mesin Cuci

Mesin cuci juga perlu dirawat dan diperlakukan sesuai petunjuk pemakaian agar tetap awet.

Cara penggunaan mesin cuci yang tidak sesuai petunjuk akan dapat meningkatkan konsumsi listrik. Komponen-komponen putar akan menjadi cepat aus dan akan menambah beban motor listrik. Mesin cuci modern memiliki sensor-sensor yang sensitive yang juga cepat rusak jika diperlakukan tidak sememstinya. Kebiasaan tidak mematikan kran pada saluran masuk air ke mesin cuci juga dapat menyebabkan bocornya kran dan juga selang intake, sehingga air yang mengalir menjadi lebih sedikit. Bukan saja mesin cuci yang menjadi menyala lebih panjang menunggu air penuh, tetapi juga tagihan PDAM pun akan melonjak!

Baca juga Tips Agar Mesin Cuci Anda Awet.

 

Kulkas

Kulkas jika dipergunakan tidak sebagaimana mestinya akan mengkonsumsi listrik lebih banyak dari seharusmya. Jika Anda sering buka-tutup kulkas dalam jarak waktu yang pendek, temperatur di dalam kulkas akan meningkat, sehingga kompresor harus bekerja keras mencapai dan mempertahankan temperatur sesuai setting yang Anda lakukan. Usahakan juga untuk tidak meletakkan benda atau makanan yang masih panas ataupun hangat ke dalam kulkas. Hal ini akan meningkatkan temperatur di dalam kulkas, yang harus dikompensasi oleh kompresor. Ujungnya juga sama: konsumsi listrik meningkat.

 

Lampu

Perangkat listrik yang satu ini kerap lolos dari perhatian kita, bahwa ia pun termasuk penyumbang melonjaknya tagihan listrik. Lampu yang dinyalakan terus menerus pastinya akan mengkonsumsi energi listrik yang besar. Untuk area teras rumah, jika kita sering lupa menyalakan atau mematikannya, gunakan sensor cahaya otomatis (photo-sensitive automatic switch). Lampu akan on saat hari gelap (intensitas cahaya matahari turun) dan akan off saat hari terang (intensitas cahaya matahari naik). Supaya semakin turun penggunaan energi listriknya, ada baiknya untuk memilih menggunakan lampu LED menggantikan lampu bohlam Anda. Untuk melihat keuntungannya, baca juga Apa Untungnya Pakai Lampu LED?

 

Sudah selesai? Belum! Masih ada beberapa perangkat listrik yang masih ada di dalam daftar pembahasan kami. Nah, mari kita lanjutkan lagi membahas hal ini di kesempatan mendatang.

Sambil menantikan artikel selanjutnya, cobalah lakukan kebiasaan ini: bacalah manual book perangkat listrik Anda!

  • By Admin
  • 11/10/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...