Pernahkah Anda mengalami tertukarnya urutan saklar lampu? Biasanya terjadi pada saklar lampu dengan tombol yang banyak. Penyalaan dengan tombol lampu tidak berurutan sesuai dengan posisi lampu pada ruangan. Tombol lampu nomor 1 menyalakan lampu urutan nomor 3, tombol nomor 2 menyalakan lampu nomor 1 dan seterusnya secara tidak beraturan.

Mungkin ini terjadi juga di rumah Anda? Anda jadi bingung sendiri saat ingin menyalakan lampu rumah Anda, karena urutan penyalaan yang tidak masuk logika berpikir.

Biasanya ini terjadi karena kesalahan tukang memasang kabel pada saklar. Sang tukang mungkin sedang melamun atau buru-buru ingin pulang kampung sehingga kabel dipasang asal-asalan. Yang penting bisa menyala deh.

Lalu kemudian kita menunggu sang tukang kembali dari kampungnya atau malahan memanggil tukang lain. Otomatis ini akan menjadi pengeluaran yang tidak perlu alias pemborosan, walaupun menurut Anda nilainya kecil. Sambil menunggu tukang datang dan memperbaikinya, para penghuni rumah akan stress sendiri saat mau menyalakan lampu. Belum dihitung waktu beberapa detik yang terbuang setiap akan menyalakan lampu. Jumlahkan dalam seminggu, maka berapa waktu yang terbuang untuk pencet-pencet tombol lampu yang salah? Ceklak-ceklik-ceklak-ceklik…

Sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri. Jika belum pernah melakukannya, perhatikan skema di bawah ini:

Kabel hitam pada gambar bermuatan arus positif mengalir masuk ke terminal tombol #1 dan terminal tombol #2 sekaligus. Penyambungan cara ini disebut juga dengan teknik kopel (couple).

Kabel merah pada gambar bermuatan arus positif dan baru akan mengalir ke setiap lampu saat masing-masing tombol saklar pada posisi ON.

Kabel biru pada gambar bermuatan arus negatif dan mengalir langsung menuju ke kedua lampu.

Kemungkinan besar yang terjadi adalah, saat saklar akan dipasangi kabel, Pak Tukang akan melihat bagian belakang saklar. Berarti posisi tombol #1 dan #2 terbalik urutannya. Tombol #2 ada di sebelah kiri dan tombol #1 di sebelah kanan! Nah, Pak Tukang lupa akan hal ini dan dia langsung memasang kabelnya berurutan dari kiri. Dia tidak sadar bahwa tombol paling kiri adalah tombol #2 dan dia menghubungkannya ke kabel lampu #1. Begitu juga tombol #1 yang saat itu ada di sebelah kanan, dia hubungkan ke lampu#2.

Kesalahannya sangat sederhana, bukan?

 

Nah, untuk memperbaikinya, kita perlu peralatan:

  1. Obeng plus dan obeng minus
  2. Tang
  3. Obeng Tespen
  4. Alas kaki dari karet

 

Langkah perbaikannya juga sederhana:

  1. Matikan dulu saklar MCB utama. MCB ini terletak di meteran PLN. Pastikan posisi saklar MCB menunjukkan angka 0, yang berarti arus listrik dari PLN terputus.

 

  1. Supaya aman, matikan sekering rumah dengan mematikan MCB pada kotak sekering rumah. Hal ini sebagai pengaman jika ada anggota keluarga yang menyalakan saklar MCB utama tanpa mengetahui bahwa Anda sedang memperbaiki instalasi listrik.

 

  1. Selalu kenakan alas kaki dari karet yang kering saat bekerja dengan instalasi listrik.

 

  1. Pastikan lantai area kerja Anda dalam keadaan kering.

 

  1. Buka tutup saklar lampu dengan melepas sekrup dari tembok.

 

  1. Pastikan aliran listrik mati dengan menempelkan tespen ke terminal dan kabel tembaga. Jika tespen menyala, maka masih ada arus listrik pada kabel.

 

  1. Setelah semuanya aman, kendurkan terminal kabel lampu pada tombol #1 dan #2 (di skema berwarna merah) dan tukarkan posisinya.

 

  1. Kencangkan semua sekrup terminal.

 

  1. Kembalikan saklar ke posisinya di tembok.

 

  1. Pasang dan kencangkan sekrup tutup saklar.

 

  1. Hidupkan kembali arus listrik dengan menyalakan saklar MCB utama (posisi saklar MCB menunjukkan angka 1)

 

  1. Cobalah nyalakan lampu-lampu yang terhubung dengan saklar tadi. Jika sudah benar urautannya, tugas Anda selesai! Jika masih terbalik, perbaiki lagi dengan urutan langkah dari nomor 1. Safety first!

 

Mudah, kaaaan… Selamat mencoba!

  • By Admin
  • 18/09/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...