Tahukah Anda bahwa banyak benda-benda yang kita gunakan sehari-hari di rumah ternyata termasuk ke dalam kategori benda-benda yang mudah terbakar?

Benda-benda yang terlihat innocence ini ternyata mudah untuk menyala dan terbakar. Hal ini sangat membahayakan kehidupan kita sekeluarga di rumah!

Apa saja benda-benda yang dimaksud?

I am glad you asked!

Mari Kita kumpulkan 10 benda yang umum kita temui dan gunakan di rumah dan mari kita lihat apakah mereka termasuk kategori mudah terbakar atau tidak.

Sebuah zat disebut sebagai flammable jika titik bakarnya lebih

  1. Tepung terigu. Ternyata tepung terigu sangat mudah untuk terbakar, khususnya butiran tepung terigu yang sedang beterbangan di udara. Bahkan beberapa bahan makanan seperti non-dairy creamer, susu bubuk, dan bubuk rempah-rempah dapat dengan mudah terbakar saat beterbangan di udara, karena dapat erbakar sekaligus dari berbagai arah.

 

  1. Produk Kecantikan. Beberapa produk kecantikan seperti hairspray dapat terbakar dengan mudah apalagi digunakan pada saat bersamaan dengan nyala api terbuka ataupun terekspos sinar matahari. Produk-produk kecantikan rambut seperti hair-mousse, minyak wangi semprot dan sebagainya perlu digunakan jauh dari nyala api terbuka.

 

  1. Produk Kesehatan Kulit. Beberapa produk kesehatan kulit menggunakan bahan berbasis paraffin. Paraffin termasuk bahan yang mudah terbakar saat terkena nyala api. Pada 2006, Philip Hoe dari Doncaster, Inggris Raya, meninggal dunia karena pakaiannya yang mengandung resapan parafin terbakar saat hendak menyalakan rokok. Resapan paraffin berasal dari produk kesehatan kulit yang dia gunakan.

 

  1. Hand Sanitizer. Cairan pembersih tangan yang satu ini sudah lazim digunakan sehari-hari khususnya saat sedang bepergian. Cairan pembersih ini karena mengandung alcohol, sangat mudah terbakar pada suhu rendah. Pada beberapa kasus, bahkan dapat terbakar karena percikan api akibat dari elektrostatik yang biasa terjadi saat berada di area bertemperatur rendah.

 

  1. Minyak Goreng. Minyak goring, apalagi sedang dalam kondisi sangat panas, sangat mudah terbakar. Pastikan tidak meninggalkan penggorengan di atas kompor menyala tanpa dijaga. Jika sudah terbakar, jangan diguyur air, karena akan menambah letusan dan percikan minyak yang terbakar kemana-mana.

 

  1. Aseton (Cairan Penghapus Cat Kuku/Kuteks). Cairan penghapus cat kuku (Kuteks) mengandung larutan aseton yang hanya uapnya saja sangat mudah terbakar. Jangan gunakan cairan penghapus kuteks berdekatan dengan nyala api terbuka seperti lilin dan kompor! Berbahaya!

 

  1. Produk untuk Mencuci Pakaian. Produk-produk untuk mencuci pakaian (laundry products) seperti cairan pelembut, cairan pewangi, bubuk deterjen kering, penghapus noda pada kain, dan sebagainya umumnya sangat mudah terbakar. Gunakan tanpa ada sumber nyala api terbuka.

 

  1. Produk Otomotif. Produk-produk seperti minyak rem, minyak pelumas, semir body kendaraan mengandung bahan-bahan yang mudah terbakar. Simpanlah di tempat sejuk yang tidak terkena sinar matahari. Jangan gunakan bersamaan dengan nyala api terbuka seperti korek api dan rokok.

 

  1. Pembersih Kolam Renang. Jika memiliki kolam renang, besar ataupun kecil, biasanya Anda memiliki bahan pembersih air kolam yang berbasis klorin. Klorin adalah bahan yang mudah terbakar, bahkan tanpa percikan api. Simpanlah bahan-bahan ini di tempat kering dan sejuk.

 

  1. Benda-benda kecil umum lain seperti semir sepatu hitam (yang mengandung bubuk batubara), bola-bola kamper (kapur barus), dan bahkan bola pingpong adalah benda-benda yang mudah terbakar.

 

Kadang musibah itu datang karena diundang oleh kita sendiri. Kitalah yang lalai mengidentifikasi benda-benda tadi dan menggunakannya secara serampangan.

Oleh sebab itu sangat perlu bagi kita untuk membaca label pada kemasan berbagai produk rumah tangga untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Dengan mengetahui bahan-bahan yang mudah terbakar dan mengidentifikasi produk terkait, maka kita dapat lebih bijaksana dalam penyimpanan dan penggunaan. Jika acuh saja, maka bahaya menantimua!

Sekali lagi, Safety First!

 

(sumber: Family Handyman)

  • By Admin
  • 18/09/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...