R.A.B. ITU PENTING!

R.A.B. ITU PENTING!

Nanti dulu. Apakah itu R.A.B.?

R.A.B. adalah singkatan dari Rencana Anggaran Biaya. R.A.B. atau kita permudah penulisannya sebagai RAB. Supaya lebih praktis menulisnya dan juga lebih mudah bagi Anda saat membacanya.

RAB adalah daftar perhitungan rincian anggaran biaya yang dibutuhkan sebelum melakukan pekerjaan pembangunan sebuah rumah tinggal. RAB mencangkup seluruh harga-harga bahan bangunan hingga upah para pekerjanya secara terperinci dan mendetil. Bahkan biaya yang harus dipersiapkan untuk pungutan liar atas truk pengangkut bahan bangunan yang dilakukan oleh para preman juga harus dimasukkan. Menyebalkan, tetapi di beberapa area itu adalah kenyataan di lapangan.

Dengan menyusun RAB ini, kita dapat memperkirakan estimasi biaya total yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek pekerjaan tersebut.

Dari RAB kita juga dapat memilih kontraktor yang tepat sesuai jenis pekerjaan, pemilihan dan pembelian bahan bangunan hingga pengawasan proyek sehingga dapat berjalan sesuai kesepakatan awal dengan si kontraktor. Singkatnya RAB adalah acuan dasar dari proyek tersebut.

Tanpa RAB maka dapat saja terjadi pembengkakan biaya karena tidak adanya control berdasarkan acuan dasar tadi.

Ada perhitungan RAB secara cepat, yaitu luas bangunan atau luas area proyek (m2) dikalikan dengan harga pembangunan per m2.

Tetapi ini adalah cara cepat dan secara garis besar dalam menghitung estimasi biaya. Belum diperhitungkan secara terperinci. Sangat besar kemungkinan akan terjadi pembengkakan biaya sementara proyek sedang dijalankan.

 

Untuk itu perlu dilakukan perhitungan RAB yang lebih teliti dan terperinci. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan RAB antara lain adalah:

 

Membuat Gambar Kerja

Gambar kerja perlu dibuat lebih dahulu oleh arsitek. Gambar kerja akan memudahkan mengurus perizinan, membuat surat perjanjian, menentukan jenis pekerjaan, menghitung volume pekerjaan maupun spesifikasi serta ukuran material bangunan.

 

Menghitung Volume Pekerjaan

Setelah gambar selesai, biasanya disusun jenis pekerjaan secara rinci. Kemudian dihitung volume dari setiap pekerjaan. Biasanya dihitung dengan menggunakan satuan m2, m3 atau per unit bagian. Setelah volume pekerjaan didapatkan, nantinya akan dikalikan dengan harga satuan pekerjaan.

 

Menentukan Harga Satuan Pekerjaan

Dalam menentukan harga satuan untuk setiap jenis pekerjaan, biasanya dipisahkan antara biaya upah dan biaya material. Perlu diperhatikan faktor kemungkinan adanya peningkatan biaya pada saat proyek dilakukan. Biasanya RAB disusun beberapa saat (bulan atau tahun) sebelum proyek dilakukan. Ternyata pada saat proyek dilaksanakan, biaya-biaya yang ada sudah naik, sehingga terjadi pembengkakan biaya. Jangan lupa cek upah pekerja dan harga bahan-bahan bangunan di area proyek.

 

Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Selanjutnya untuk setiap jenis pekerjaan, nilai Volume Pekerjaan dikalikan dengan nilai Harga Satuan Pekerjaan. Angka yang dihasilkan adalah nilai biaya dari masing-masing pekerjaan.

 

Rekapitulasi

Rekapitulasi ini adalah menjumlahkan semua nilai-nilai biaya dari masing-masing pekerjaan yang sudah dihitung di atas. Hasilnya adalah Jumlah Total Biaya Proyek. Jangan lupa masukkan biaya-biaya tambahan dan juga pajak sesuai peraturan di daerah proyek rumah tersebut berada.

 

Selamat mencoba.

 

(dari berbagai sumber)

Cek harga klik disini

Untuk menerima update harga secara berkala

Share Post : gplus twitter facebook

Latest Article

Trending Article

Related Article


RELATED PRODUCT

Sherlock Gunting Kawat Beton

Sherlock Gunting Kawat Beton

Rating :

Harga : Rp. 42.730

Sherlock  Obeng Grip

Sherlock Obeng Grip

Rating :

Harga : Rp. 25.000

Sherlock Gembok Freelancer Steel

Sherlock Gembok Freelancer Steel

Rating :

Harga : Rp. 75.000

Sherlock S05 Handle

Sherlock S05 Handle

Rating :

Harga : Rp. 115.810

 Kuas Roll Sherlock Original

Kuas Roll Sherlock Original

Rating :

Harga : Rp. 17.500

Sherlock Kabel Klip

Sherlock Kabel Klip

Rating :

Harga : Rp. 4.820

Sherlock Hendel Pintu

Sherlock Hendel Pintu

Rating :

Harga : Rp. 174.480

Sherlock Gunting Karpet Flexigo

Sherlock Gunting Karpet Flexigo

Rating :

Harga : Rp. 24.000

Kuas Roll Sherlock Epoxy

Kuas Roll Sherlock Epoxy

Rating :

Harga : Rp. 17.500

Sherlock Anchor Bolt

Sherlock Anchor Bolt

Rating :

Harga : Rp. 59.270