Tanaman hias di dalam rumah bukan hanya sekedar menjadi pajangan atau penghias ruangan saja. Tanaman hias jika ditata apik, diletakkan di lokasi yang tepat, dan dengan pot yang unik akan menjadi bagian dari dekorasi interior rumah secara keseluruhan.

Selain menjadikan rumah kita semarak dengan adanya warna-warni alami, ternyata tanaman hias memiliki manfaat lain yang cukup besar bagi para penghuni rumah.

Mari kita perhatikan beberapa manfaat tanaman hias di dalam rumah:

 

  1. Penghasil oksigen

Secara biologi, akar tanaman menyerap air, mineral, unsur hara, dan lain-lain dari tanah di sekelilingnya. Kemudian di dalam daun semuanya ini diolah menjadi bahan makanan dengan bantuan sinar matahari dan gas asam arang (karbondioksida). Proses kimiawi ini disebut sebagai proses fotosintesa. Selain menghasilkan makanan untuk tanaman, fotosintesa melepaskan gas asam (oksigen) ke udara. Hal inilah yang menguntungkan kita. Dengan adanya tanaman hias, rumah akan kaya akan oksigen. Tentunya dengan sistem sirkulasi udara yang baik, hal ini dapat dimanfaatkan secara lebih optimal.

 

  1. Meningkatkan kualitas udara

Tanaman selain menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, ternyata juga dapat menyerap polutan di udara hingga 87% dalam kurun waktu 24 jam. Tanaman juga menjaga kelembaban udara (kadar uap air di udara) di dalam rumah, sehingga penyakit saluran pernapasan juga dapat dihindari. Tanaman Sansevieria atau dikenal dengan nama Lidah Mertua, diyakini dapat menyerap polutan dalam udara dan juga radiasi dari barang-barang elektronik di dalam ruangan.

 

  1. Penghias ruangan

Seperti tadi sudah disebutkan, tanaman hias dapat menjadikan ruangan di dalam rumah menjadi lebih terasa nyaman dilihat. Tanaman hias memang memiliki bentuk dan corak warna yang beraneka ragam yang jika ditempatkan dalam pot yang sesuai dan diletakkan pada posisi yang tepat akan menambah nilai estetika sebuah ruangan.

 

  1. Relaksasi

Warna-warni tanaman dan bunga, menurut penelitian kesehatan, menyebabkan tubuh kita lebih rileks karena tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini dipandang baik khususnya jika ada penghuni rumah yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

 

  1. Mengatasi stress dan depresi

Karena memiliki manfaat sebagai relaksasi, tanaman hias juga diyakini dapat menurunkan kadar stress dan depresi setelah seharian bekerja. Selain melihat tanaman, menyentuh daun tanaman (kecuali daun kaktus, yaaaa… daun kaktus itu berbentuk panjang dan meruncing yang kita sebut sebagai duri kaktus) dipercaya dapat menurunkan kadar stress.

 

  1. Meningkatkan kualitas tidur kita

Karena tanaman menghasilkan oksigen dan meningkatkan kualitas udara, kenyamanan istirahat malam juga meningkat. Tubuh kita saat tidur malam, melakukan proses perbaikan sel-sel tubuh. Setelah kadar stress menurun, dengan kualitas udara yang baik dan kaya oksigen, otomatis proses perbaikan sel-sel tubuh yang rusak menjadi semakin optimal. Sehingga tidur lebih nyaman dan lebih pulas, kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh kita juga meningkat. Pilihlah jenis tanaman yang menghasilkan oksigen pada malam hari seperti seperti anggrek, lidah buaya, sukulen, lidah mertua, dan palem kuning.

 

  1. Pengusir Hama

Beberapa tanaman hias dapat membantu agar rumah terbebas dari hama seperti nyamuk dan tikus. Tanaman-tanaman ini menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Tanaman hias yang tidak disukai nyamuk: serai, kenikir (marigold), selasih, bawang putih, kecombrang, geranium dan zodiac. Sementara sang tikus ternyata tidak menyukai aroma tanaman mint dan bawang putih.

 

Ini hanya beberapa manfaat utama yang terasa dari keberadaan tanaman hias di dalam rumah. Memang tidak semua tanaman hias cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Kita akan membahasnya di kesempatan mendatang.

  • By Admin
  • 06/09/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...