Setelah membahas dan mengetahui beberapa hal tentang genteng sebagai penutup atap bangunan atau rumah tinggal, sepertinya belum lengkap jika kita tidak membahas talang air.

Talang air berfungsi mengumpulkan dan mengalirkan air hujan yang diterima genteng ke tempat tujuan yang kita sudah rencanakan sebelumnya, seperti saluran air hujan, sumur resapan, tangki penampungan air hujan dan sebagainya. Dengan fungsi tersebut, talang air dapat mencegah mengalirnya air hujan ke tempat yang tidak diinginkan. Air hujan yang mengalir ke tempat-tempat yang tidak diinginkan itu akan menimbulkan rembesan air hujan pada dinding, plafon, sambungan atap dan sebagainya.

Talang air adalah salah satu bagian penting dari atap rumah kita. Apalagi kita tinggal di Indonesia, negara yang berada di wilayah garis khatulistiwa. Negara-negara di wilayah ini, seperti kita tahu, memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi dengan rentang musim hujan yang panjang. Mengingat hal ini, talang air merupakan bagian rumah yang tidak bisa dibilang sepele fungsinya.

Talang air umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

  1. Talang Beton Cor.

Ini adalah jenis talang yang mulai banyak digunakan di rumah-rumah dan bangunan-bangunan. Talang jenis ini memerlukan perencanaan yang tepat bersamaan dengan perencanaan desain bentuk atap. Talang beton cor perlu waktu lebih lama dalam pembuatannya karena harus dicor dan dikeringkan sempurna sebelum bisa digunakan. Jika terjadi kesalahan dalam proses pembuatan akan menyebabkan retakan dan kebocoran. Biaya produksinya juga lebih mahal, tetapi lebih tahan lama usia pakainya. Bobotnya berat sehingga menambah beban pada struktur bangunan di bawahnnya. Jangan lupa untuk melakukan waterproofing untuk menambah kekuatan bahan dari rembesan air.

 

  1. Talang Seng.

Talang seng adalah talang yang umum digunakan pada bangunana dan rumah tinggal. Harganya relatif lebih terjangkau dan usia pakainya juga cukup panjang. Sayanya talang seng ini biasanya menimbulkan bunyi berisik saat air hujan turun ke atasnya. Talang jenis ini juga menambah tinggi temperatur di area bawah genteng.

 

  1. Talang PVC.

Talang yang terbuat dari bahan PVC ini biasanya digunakan sebagai talang penampung air hujan sebelum disalurkan ke tempat yang direncanakan. Harganya relatif lebih murah dan tidak berkarat serta tidak berisik saat hujan turun. Usia pakainya lebih pendek dari talang seng dan talang beton cor. Saat ini sudah ada talang air dari bahan fiberglass tetapi harganya masih relatif tinggi.

 

  1. Talang Karpet

Talang ini terbuat dari lembaran sejenis plastik. Bobotnya lebih ringan. Harganya jauh lebih murah. Jika sudah lama, maka akan timbul robekan-robekan yang akan menghancurkan talang karpet tersebut. Talang jenis ini sangat fleksibel tetapi tidak tahan terhadap pengaruh perbedaan cuaca. Perlu dilakukan pengecekan berkala supaya dapat segera diganti jika ada bagian yang sobek atau mulai lapuk.

 

 

Pada dasarnya, semua jenis talang air perlu diperiksa secara berkala. Hal ini perlu untuk mengetahui kondisi talang air. Pemeriksaan juga dapat menemukan jika terdapat sumbatan pada lubang drainase talang oleh sampah daun-daun atau ranting atau bahkan karena layangan yang jatuh ke atap.

  • By Admin
  • 28/08/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...