Untuk mendongkrak perekonomian Indonesia, pemerintah menyadari bahwa sangat diperlukan adanya infrastruktur yang memadai untuk menopangnya. Untuk itulah, kita lihat saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menggelar proyek-proyek infrastruktur.

Untuk mendukung proyek-proyek inilah, berbagai bahan bangunan semakin gencar juga diproduksi dan diadakan setiap harinya. Besi hollow sebagai bagian dari material bahan bangunan, juga semakin diminati karena sifat materinya yang kuat, ringan dan tahan korosi.

Seperti biasa, selalu ada pihak-pihak yang berusaha mengambil kesempatan secara tidak bertanggungjawab. Mengambil kesempatan dalam kesempitan. Banyak kita temui bahan bangunan yang mutunya tidak sesuai standar. Kita temui juga istilah ‘Besi Banci’.

Tukang las yang tidak bertanggungjawab juga kerap menggunakan besi banci ini untuk membuat pagar maupun kanopi rumah tinggal pelanggannya. Tentu saja penggunaannya tanpa sepengetahuan ataupun tanpa seizin sang pelanggan. Di awal transaksi, besi yang ditawarkan adalah besi standar SNI, kemudian pada prakteknya di lapangan, saat melakukan pembuatan konstruksi rangka, besi bancilah yang digunakan. Tukang las ini berpikir bahwa sang pelanggan tidak akan dapat memeriksa ketebalan dari besi hollow yang digunakan. Toh sudah jadi bagian dari rangka kanopi.

Hal ini jelas adalah penipuan. Tetapi sayangnya para tukang las yang tidak bertanggungjawab ini tetap melakukannya demi keuntungan lebih besar. Masalah akan muncul di kemudian hari saat konstruksi tersebut tidak dapat menopang beban yang timbul karena spesifikasinya tidak sesuai standar.

Perlu ditekankan bahwa tidak semua tukang las melakukan hal ini! Masih banyak tukang las yang jujur dalam melakukan pekerjaannya. Harus kita bahas agar kita semua waspada akan adanya celah untuk terjadinya penipuan seperti ini.

 

Apa itu ‘Besi Banci’? Mosok besi juga ikutan jadi banci seperti manusia?

Bukan banci seperti pada manusia. ‘Besi Banci’ mengacu kepada besi hollow yang tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh SNI. Besi banci umumnya memang harganya lebih murah, tetapi memiliki kualitas yang rendah di bawah standar SNI. Karena itulah banyak digunakan secara tidak bertanggungjawab oleh pihak-pihak tadi untuk mencari keuntungan yang lebih besar.

 

Apa itu Besi Hollow?

Anda dapat membaca artikel kami tentang Besi Hollow.

 

Seperti apa Besi Banci itu?

Untunglah Anda bertanya! Ternyata memang ada beberapa poin yang dapat kita perhatikan secara visual untuk mengenali Besi Banci itu:

  • Ada cetakan timbul (embossed) pada batang besi hollow persegi. Produk yang sesuai dan memenuhi standar SNI memiliki cetakan timbul berupa singkatan nama produsennya. Jika batang besi hollow tidak memiliki cetakan timbul, dapat dipastikan bahwa besi hollow persegi tersebut termasuk golongan besi banci.
  • Ada tanda warna pada ujungnya. Pemerintah menetapkan bahwa besi yang sesuai standar harus memiliki tanda warna yang dicat sehingga tidak mudah hilang pada ujung penampangnya. Hal ini untuk memudahkan pembedaan secara visual. Jika tidak memiliki tanda warna ini, biasanya besi hollow tersebut adalah besi banci.
  • Ada kode BJKU. Kode BJKU adalah Baja Keperluan Umum. Baja jenis ini biasanya dipergunakan untuk pembuatan konstruksi pagar dan juga rangka kanopi.
  • Ukuran ketebalan plat besinya lebih tipis dibandingkan batas toleransi ketebalan standar SNI. Untuk mengetahui tabel ketebalan sesuai SNI, baca juga artikel ini: Apa Itu Besi Holo?

 

Untuk dapat mendeteksi ketebalan plat besi hollow ini, kita perlu membekali diri dengan micrometer atau jangka sorong (caliper). Tentu saja kita perlu mempelajari cara menggunakannya untuk mengukur ketebalan plat besi baja hollow.

  • By Admin
  • 03/08/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...