Apakah Anda sedang atau akan pindah ke rumah Anda yang baru? Jika jawabannya ‘Ya’, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui. ‘Pindah’ di sini adalah dengan pengertian ‘pindah’ dari rumah sebelumnya ke rumah berikutnya. ‘Rumah berikutnya’ dapat berarti sebuah rumah lama bekas orang lain ataupun sebuah rumah yang benar-benar ‘gres’ baru dibangun.

  1. Sebelum pindah, pastikan dulu lay-out penempatan perabotan Anda di rumah yang baru. Lakukan pengukuran ruangan-ruangan rumah baru dan ukuran perabotan-perabotan yang Anda miliki. Kemudian gambarlah skema layout yang sesuai ukuran-ukuran tersebut. Hal ini untuk memudahkan pengangkutan perabotan ke dalam rumah baru. Saat tiba di rumah baru, langsung tempatkan perabotan tersebut di posisi yang sesuai.

 

  1. Perhatikan posisi jaringan listrik dan jalur pembuangan sampah saat me-layout ruangan-ruangan dalam rumah baru Anda. Hal ini perlu dalam menempatkan posisi perangkat-perangkat listrik Anda. Perhatikan juga titik lampu agar ruangan mendapatkan penerangan yang memadai.

 

  1. Milikilah perlengkapan pembersihan yang lengkap, seperti sapu, pel, sikat WC, sikat pembersih, sabun deterjen, cairan-cairan pembersih, dan sebagainya. Jangan anggap remeh hal yang satu ini. Anda akan kebingungan saat harus membersihkan kotoran sementara Anda tidak memiliki perlengkapan yang memadai.

 

  1. Milikilah peralatan perbaikan standar seperti satu set obeng, gunting, palu, gergaji,kunci pas, kunci Inggris dan sebagainya.

 

  1. Bersihkan dulu rumah baru Anda sebelum pindahan, supaya rumah Anda sudah bebas kotoran sebelum perabotan dan barang-barang Anda masuk.

 

  1. Pastikan rumah sudah bersih dari sarang hama seperti nyamuk, kecoa, tikus, dan juga rayap. Hal ini untuk menghindarkan rusaknya barang-barang dan perabotan Anda oleh hama.

 

  1. Perbaiki area-area rumah baru Anda yang rusak sedapat mungkin sebelum pindahan. Cat ulang jika memang diperlukan. Pengecatan akan lebih mudah dilakukan jika ruangan-ruangan masih kosong.

 

  1. Kemas barang-barang Anda ke dalam kardus. Beri tanda, nama atau nomor kardus. Gabungkan barang-barang pada satu area ke dalam kardus yang sama. Catatlah data-data isi dan nomor kardus.

 

  1. Angkutlah dan masukan perabotan lebih dulu. Baru kemudian angkut dan masukan kardus-kardus barang-barang Anda.Hal ini akan mempercepat proses pindahan Anda. Karena kardus masuk setelah perabotan tertata pada tempatnya.

 

  1. Gantilah kunci rumah Anda. Untuk kunci-kunci modern, Anda dapat mengganti silinder rumah kunci tanpa perlu mengganti perangkat kunci dan pegangan pintunya. Hal ini penting untuk alasan keamanan, khususnya pada pintu-pintu area luar.

 

  1. Jangan bongkar kardus-kardus barang-barang Anda sekaligus. Lakukanlah bertahap selama beberapa hari. Bongkarlah sesuai kelompok barang yang kita bahas pada poin nomor 8. Hal ini akan mengurangi kebingungan dan juga keletihan Anda.

 

  1. Aturlah dan rapikanlah kamar-kamar tidur terlebih dahulu. Kamar tidur utama, kamar tidur anak-anak pada khususnya. Hal ini penting, supaya seluruh anggota keluarga dapat beristirahat dengan nyaman setelah hari-hari awal pindahan.

 

  1. Atur dan rapikanlah dapur dan kamar mandi sehingga Anda dapat makan-minum dan membersihkan badan setelah penat membereskan rumah.

 

  1. Setelah itu barulah atur dan rapikan ruangan-ruangan lainnya. Ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu dan sebagainya.

 

  1. Sudah beres? Kini saatnya berkenalan dengan tetangga baru Anda karena hidup bertetangga itu perlu!
  • By Admin
  • 02/08/2018

Recent Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...

Trending Article

7 CARA MERAWAT MATA BOR

Kita perlu merawat mata bor yang kita pergunakan. Setiap benda buatan ...

7 CHECK POINT MENGHADAPI MUSIM HUJAN

7 Check Point Menghadapi Musim Hujan Musim hujan tiba, terlepas kit ...

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

Karena musim hujan sudah tiba, berikut beberapa tips merawat rumah yan ...

JENIS-JENIS MATA BOR

Setelah kita mengerti cara memilih mesin bor yang tepat sesuai keperlu ...